sign up SIGN UP

Badai Matahari Bisa Memicu Kiamat Internet, 2 Negara Ini Akan Rasakan Dampak Pertama Kalinya!

Rini Apriliani | Rabu, 15 Sep 2021 15:30 WIB
Badai Matahari Bisa Memicu Kiamat Internet, 2 Negara Ini Akan Rasakan Dampak Pertama Kalinya!
caption
Jakarta -

Apa jadinya jika kita hidup tanpa internet kembali, Beauties? Setelah segala macam kebutuhan saat ini dimudahkan dengan adanya internet, belakangan ini beredar kabar akan datangnya kiamat internet akibat dari badai matahari. 

Sebuah penelitian yang dijelaskan pada konferensi Asosiasi Teknis Komputer Kelompok Peminatan Khusus pada Data dan Komunikasi (SIGCOMM) 2021, mengungkapkan jika badai matahari ekstrem dapat membuat internet di Bumi terputus selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lamanya.

Observatorium Dinamika Matahari NASA merekam badai matahari pada 12 Januari 2015Ilustrasi Badai Matahari/ Foto: NASA/detikcom

Badai matahari besar ini akan mengirim partikel magnetik ke bumi dengan kecepatan hingga jutaan kilometer per jam dan bisa menimbulkan gangguan medan magnet atau geomagnetik bumi.

Hal ini bisa memengaruhi kabel internet bawah laut yang menghubungkan antar benua. Kabel dengan jarak 30 - 90 mil ini memiliki repeater yang bisa meningkatkan sinyal optik. 

Letusan Matahari timbulkan badai geomagnetik sehingga Aurora Borealis tampak lebih jelasIlustrasi Badai Matahari/ Foto: BBC Magazine

Adapun negara yang pertama kali akan terdampak saat badai matahari terjadi adalah mereka yang berada di lintang tinggi, seperti Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Dilansir dari CNBC Indonesia, kabar baiknya, peluang fenomena badai matahari ekstrem ini cukup kecil. Dimana hanya 1,6% hingga 12% per dekade. Badai matahari yang memengaruhi Bumi tercatat dalam sejarah pernah terjadi pada 1859 dan 1921.

Dalam kejadian sebelumnya bernama Peristiwa Carrington membuat gangguan geomagnetik begitu parah di Bumi serta membuat kabel telegraf terbakar. Dalam skala kecil, badai matahari yang terjadi pada 1989 ini membuat gangguan internet. Saat itu internet padam di seluruh Quebec Kanada dalam waktu sembilan jam.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id