sign up SIGN UP

LIFE

Baju Jadi Apek karena Gak Kering? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Lifia Mawaddah Putri | Sabtu, 21 Nov 2020 16:45 WIB
Baju Jadi Apek karena Gak Kering? Atasi dengan 5 Cara Ini!
caption
Jakarta -

Musim hujan sudah tiba. Biasanya di musim seperti ini, pakaian jadi sulit kering karena jarang ada sinar matahari. Akibatnya, baju pun bisa bau apek lantaran enggak kering. Eits, tapi jangan khawatir!

Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan 5 bahan alami ini. Yuk simak apa saja bahan-bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau apek pada pakaian.

Soda Kue

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi pakaian bau apek adalah soda kue.
Soda Kue/freepik.com

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi pakaian bau apek adalah soda kue. Caranya, bentangkan baju yang tidak kering dengan rapi pada permukaan datar. Setelah itu, taburkan soda kue pada baju tersebut dan diamkan selama 1 malam.

Keesokan harinya, hilangkan soda kue tersebut dengan sikat lembut lalu jemur kembali pakaianmu.

Cuka

Meskipun baunya juga enggak enak, tapi cuka bisa kamu manfaatkan juga untuk mengusir bau apek pada pakaian lho! Caranya, campurkan 2 sendok makan cuka dengan 1 sendok makan deterjen dan air hangat.

Rendam pakaianmu selama 15 hingga 30 menit. Setelah itu, cuci seperti biasa dan tambahkan pengharum pakaian agar bau apek pada pakaianmu semakin hilang.

Air Lemon

Buah yang satu ini memang sudah dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya, air lemon juga mampu untuk mengusir bau apek pada pakaian yang enggak kering.
Air Lemon/freepik.com

Buah yang satu ini memang sudah dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya, air lemon juga mampu untuk mengusir bau apek pada pakaian yang enggak kering.

Caranya, kamu hanya tinggal merendam baju apek ke dalam larutan deterjen yang sudah dicampurkan dengan air perasan lemon. Perbandingannya sekitar 1 gelas air perasan lemon dan 1 sendok takar deterjen. Diamkan 15 hingga 30 menit lalu cuci seperti biasa.

Air Panas

Air panas juga merupakan bahan yang efektif untuk menghilangkan bau apek pada baju. Tapi sebelumnya, pastikan dulu bahan pakaianmu tahan panas agar enggak rusak ya. Langkah pertama, masukkan air panas ke dalam ember atau mesin cuci.

Jika kamu menggunakan mesin cuci, pilih mode warm water lalu masukkan deterjen cair. Kucek hingga deterjen larut sempurna lalu diamkan hingga 30 menit. Setelah itu, cuci seperti biasa dan gunakan pewangi anti bakteri pada bilasan terakhir.

Bubuk Kopi

Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan bubuk kopi untuk menghilangkan bau apek pada bajumu.
Kopi/freepik.com

Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan bubuk kopi untuk menghilangkan bau apek pada bajumu. Hal ini disebabkan karena bubuk kopi dikenal mampu menyerap bau tak sedap.

Caranya juga cukup mudah, masukkan bubuk kopi dalam kantong kertas, lalu letakkan di dalam lemari pakaian dekat bajumu yang bau apek. Setelah itu, diamkan hingga semalaman.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id