sign up SIGN UP

Banyak Miliarder Dunia Terapkan Gaya Hidup Frugal Living, Apa Maksudnya?

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 02 Aug 2021 18:15 WIB
Berhemat dengan Menerapkan Anggaran Berbasis Nilai

Berhemat dengan Menerapkan Anggaran Berbasis Nilai

Apa Itu Frugal Living?

Frugal living gaya hidup hemat/ Foto: Freepik.com
Frugal living gaya hidup hemat/ Foto: Freepik.com

Apabila diterjemahkan, frugal living ini memiliki arti hidup hemat. Namun, apakah hidup hemat yang dimaksud seutuhnya tentang menabung? Ternyata jawabannya tidak, Beauties.

Dikutip dari Ways To Wealth, frugal living tidak hanya tentang menabung. Frugal living merupakan gaya hidup yang memberlakukan pengelolaan uang berdasarkan nilai dan prioritas sehingga uang hanya akan dimaksimalkan untuk hal-hal penting dan diminimalkan untuk hal-hal yang tidak penting.

Hal ini juga berarti bahwa terdapat beberapa poin penting dalam frugal living yaitu memprioritaskan tujuan dan pengeluaran yang paling penting dan mengalokasikan sumber daya seperti waktu dan uang dengan sebaik-baiknya.

Setelah mengetahui apa itu frugal living, maka akan semakin jelas lagi apabila mengetahui habits atau kebiasaan yang diterapkan di dalamnya. Langsung simak beberapa habits yang biasa diterapkan dalam frugal living berikut ini. 

Membuat Anggaran Berbasis Nilai

Menerapkan frugal living dengan anggaran berbasis nilai/ Foto: Freepik.com
Menerapkan frugal living dengan anggaran/ Foto: Freepik.com

Habits pertama yang biasa diterapkan oleh mereka yang melakukan frugal living adalah membuat anggaran berbasis nilai. Hal ini disebutkan dalam buku ‘Your Money or Your Life’ (1992), yang dianggap sebagai salah satu buku terbaik, untuk memberi pencerahan terhadap pengelolaan keuangan pribadi.

Tujuan dari buku ini tidak lain adalah untuk membantu setiap pembacanya mendapatkan hasil maksimal dari setiap uang yang dibelanjakan.

Prosesnya bisa dimulai dengan menghitung energi yang telah dihabiskan untuk menghasilkan uang. Hal ini berkaitan dengan upah per jam yang diterima. Dengan begitu akan terlihat bahwa waktu yang dihabiskan untuk menghasilkan uang harus benar-benar dibelanjakan untuk hal yang  bernilai.

Tidak sampai di situ saja, ada 3 pertanyaan yang sejatinya melekat di benak orang-orang yang menerapkan frugal living. Pertama apakah sesuatu yang didapat dari uang yang sudah dibelanjakan dapat memberi kepuasan, pemenuhan dan nilai sebanding dengan energi yang dihabiskan untuk mendapatkan uangnya?

Kedua apakah energi yang sudah dikeluarkan sejalan dengan nilai dan tujuan hidup? Ketiga bagaimana pengeluaran bisa berubah jika tidak harus bekerja mencari nafkah?

Pertanyaan-pertanyaan ini pada dasarnya akan memperjelas dan mengintegrasikan penghasilan, pengeluaran, nilai-nilai tujuan hidup dan rasa kepuasan yang akan didapatkan.


Our Sister Site

mommyasia.id