sign up SIGN UP

Banyak Miliarder Dunia Terapkan Gaya Hidup Frugal Living, Apa Maksudnya?

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 02 Aug 2021 18:15 WIB
Pengeluaran Berdasarkan Prioritas dan Merasa Cukup dengan yang Dimiliki

Pengeluaran Berdasarkan Prioritas dan Merasa Cukup dengan yang Dimiliki

Membuat Pengeluaran Berdasarkan Prioritas

Selanjutnya adalah membuat pengeluaran berdasarkan prioritas. Pada dasarnya hal ini penting dilakukan karena tingkat kepentingan untuk setiap kebutuhan dalam hidup tentu berbeda. Meskipun ini terdengar mudah, pada praktiknya tidak jarang sering melesat.

Oleh sebab itu, Beauties yang ingin menerapkannya harus pandai-pandai dalam mengatur prioritas dan menemukan cara terbaik untuk merealisasikannya. Misalnya membuat budgeting dan memilah-milah peruntukan uang untuk masing-masing kategori kebutuhan ataupun yang lainnya.

Membuat Daftar Belanja

Membuat daftar belanjaan dalam frugal living/ Foto: Freepik.com
Membuat daftar belanjaan dalam frugal living/ Foto: Freepik.com

Satu hal yang perlu diingat tentang seseorang yang menerapkan gaya hidup hemat atau frugal living adalah bahwa mereka memiliki keinginan namun sangat selektif dalam menentukan waktu yang terbaik untuk memiliki suatu hal.

Sebuah studi menarik yang ditampilkan dalam buku ‘Willpower’ memperlihatkan bahwa ketika seseorang ingin memiliki sesuatu, jangan katakan ‘tidak pernah’ tapi katakan saja ‘belum sekarang’.

Hal ini menjelaskan bahwa seorang yang menerapkan frugal living tahu betul bahwa perlu waktu untuk membuat keputusan yang baik sehingga apa yang diputuskan nantinya benar-benar bernilai dan bermanfaat bagi hidup.

Merasa Sudah Cukup dengan yang Dimiliki

Gaya hidup frugal living dalam keseharian/ Foto: Freepik.com
Gaya hidup frugal living dalam keseharian/ Foto: Freepik.com

Kebiasaan yang tidak kalah penting dari seorang frugal living adalah merasa sudah cukup dengan apa yang dimiliki. Dengan begitu, seorang frugal living tidak akan menunjukkan belas kasihan kepada hal-hal yang tidak penting.

Misalnya saja memiliki mobil bagus tidak pernah masuk daftar keinginan karena mobil yang sudah dimiliki saat ini sudah cukup untuk membawa kemana pun bepergian. Dengan begitu, penerapan penghematan berdasarkan nilai juga bisa terealisasi. Di sisi lain hal ini juga membuat seorang frugal living bisa merasa cukup dengan apa yang dimilikinya.


Our Sister Site

mommyasia.id