sign up SIGN UP

Be Creative! Dari Pasmina Sampai Gelas Minum Bisa Kamu Jadikan Properti Home Photoshoot ala Influencer

Nisrina Salsabila | Senin, 14 Dec 2020 14:30 WIB
Be Creative! Dari Pasmina Sampai Gelas Minum Bisa Kamu Jadikan Properti Home Photoshoot ala Influencer
caption
Jakarta -

Jarang pergi-pergi buat kamu kehabisan stok foto? Tenang aja, Ladies! Saat ini melakukan pemotretan juga bisa dari rumah, kok, asalkan kamu kreatif. Selain dengan melakukan virtual photoshoot, kamu juga bisa menjalani pemotretan sendiri dengan cara manfaatkan barang-barang yang ada di rumah sebagai properti foto untuk menghasilkan beragam foto keren.

Tak mesti menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, kamu bisa memanfaatkan smartphone-mu untuk memotret. Eksplorasi sudut-sudut atau interior rumah sebagai background, misalnya, sofa di ruang tamu, tangga, bathtub kamar mandi atau tembok polos. Jangan lupa, perhatikan juga efek cahaya supaya bisa mendukung terciptanya momen yang indah.

1. Kain Apapun Bisa Jadi Latar

properti photoshoot di rumah
Kain jadi properti foto rumahan paling murah/Foto: Instagram/rachgoddard/dwihandaanda/veronika.twns

Kamu bisa buat studio mini di dalam kamar atau di halaman belakang hanya dengan bantuan kain, loh! Tanpa perlu biaya mahal, kamu cuma perlu kain polos, pashmina, kerudung segi empat bermotif, seprei, hingga kain brokat sebagai background foto dan beberapa properti pendukung lainnya. Apabila ditambah cahaya sinar matahari yang bagus, kamu bisa dapatkan hasil foto layaknya fotografer profesional!

2. Tanaman Daun dan Bunga

properti photoshoot di rumah
Daun dan bunga artificial jadi properti foto favorit/Foto: Instagram/dwihandaanda/riomotret

Penggunaan daun dan bunga yang segar, kering maupun artificial sebagai properti dekorasi sangat cocok bila dikombinasikan dengan background kain untuk menciptakan foto bertema aesthetic rustic. Selain memanfaatkan tanaman di rumah, kamu juga bisa membeli properti artificial dan dried flower berupa daun monstera, daun palem, lavender atau babby’s breath melalui akun Star+ Seller Shopee minimalis.home atau botanical_decor.id dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp2.500.

3. Karpet

properti photoshoot di rumah
Karpet sebagai dekorasi foto di rumah/Foto: Instagram/nissachair/joviadhiguna

Jadikan karpet/permadani di rumahmu sebagai alas untuk berfoto sekaligus sebagai elemen dekorasi. Tapi, pastikan karpet yang dipakai sudah dibersihkan agar tidak tampak kusam. Rebahkan dirimu di atas karpet dengan dikelilingi properti pendukung yang ditata secara apik, lalu ambil angel foto dari atas untuk mendapatkan hasil foto bak profesional.

4. Buah-buahan

properti photoshoot di rumah
Buah-buahan sebagai properti foto/Foto: Instagram/tantrinamirah

Buah-buahan juga bisa kamu kreasikan jadi properti foto, loh! Seperti potret influencer Tantri Namirah yang satu ini, kamu bisa manfaatkan buah-buahan yang memiliki warna vibrant dan bentuk yang bagus untuk menciptakan foto yang sederhana namun tetap estetik. Contohnya, gunakan buah semangka, sunkist, lemon, apel, stroberi, nanas atau pisang yang kulitnya mulus.

5. Plastik Bening hingga Kertas Koran Bekas

properti photoshoot di rumah
Kreasi latar foto dari kertas dan koran bekas/Foto: Instagram/nabilagardena/sorayaulfa15

Plastik bening serta kertas koran bekas bisa jadi ide brilian untuk dijadikan background foto murah meriah namun hasilnya dijamin estetik. Caranya gampang banget, tinggal tempel beberapa koran atau lembaran besar plastik bening di dinding dan lantai ruangan.

6. Foto bersama Barang Favorit

properti photoshoot di rumah
Manfaatkan barang kesayangan sebagai properti foto/Foto: Instagram/jasminenadiko

Manfaatkan barang favorit agar bisa satu frame dengan dirimu untuk menghasilkan foto yang manis dan terkesan hangat. Misalnya seperti foto dari influencer Jasmine Nadiko yang berfoto bersama beauty items kesayangannya yang disusun pada tangga. Beberapa influencer lain juga ada yang berfoto bersama buku-buku favorit mereka.

7. Sebuah Kursi

properti photoshoot di rumah
Kursi jadi properti foto andalan/Foto: Instagram/alikaislamadina/hamidahrachmayanti

Yap, sangat sederhana tapi hasilnya artsy banget! Dari dulu sudah banyak hasil potret profesional dengan hanya menggunakan properti sebuah kursi. Posenya pun beragam, dari yang cuma duduk manis, berdiri di atas kursi sampai berpose di kursi yang terbalik seperti potret Alika Islamadina di atas.

8. Gelas Berisi Air

properti photoshoot di rumah
Hasilkan foto estetik hanya dengan segelas air putih/Foto: Instagram/therealdisastr

Gelas bening berisi air putih akhir-akhir ini sering ditemui sebagai properti pada virtual photoshoot. Pasalnya, cahaya yang memantul di gelas berisi air putih tersebut mampu menghasilkan pembiasan cahaya yang kece dan unik layaknya foto Dian Sastro di atas.

9. Cermin

properti photoshoot di rumah
Pantulan cermin mampu hasilkan foto yang indah/Foto: Instagram/dwihandaanda

Berfoto dengan properti cermin memang banyak diminati semua kalangan. Dengan angle yang tepat, kamu bisa dapatkan hasil foto estetik dari pantulan cermin. Letakkan cermin di bawah, kemudian hiasi dengan bunga segar atau dried flower. Jangan lupa atur posisi cermin agar tidak memantulkan cahaya lampu atau matahari secara langsung, ya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id