sign up SIGN UP

LIFE

Bingung Cara Menolak Permintaan Orang Lain? Coba Lakukan 4 Trik Ini!

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 06 Jan 2021 19:00 WIB
Bingung Cara Menolak Permintaan Orang Lain? Coba Lakukan 4 Trik Ini!
caption
Jakarta -

Mengatakan "tidak" pada orang lain memang enggak mudah. Faktanya, masih banyak orang yang enggak enak untuk melakukan hal itu. Biasanya, alasan seseorang enggan menolak permintaan dari orang lain karena takut menyakiti hati lawan bicaranya.

Tapi kalau kamu terlalu menuruti permintaan orang lain, hal ini bukanlah tindakan yang bijak. Nah, buat kamu yang sering merasa enggak enak menolak permintaan orang lain, Beautynesia punya 5 solusinya buatmu. Kamu bisa mengganti kata "tidak" dengan 5 cara berikut ini!

Siapkan Candaan

Menolak permintaan seseorang dengan candaan mungkin bisa kamu lakukan.
Menolak/freepik.com

Menolak permintaan seseorang dengan candaan mungkin bisa kamu lakukan. Akan tetapi, jangan terlalu sering menggunakan cara yang satu ini ya, Beautynesian. Bisa-bisa orang lain justru akan jengkel. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk meredakan kecanggungan antara kamu dan lawan bicaramu. Selain itu, cara ini juga bisa mengalihkan pembicaraan.

Berikan Pujian

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menolak permintaan orang lain adalah dengan memberikan pujian.
Menolak/freepik.com

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menolak permintaan orang lain adalah dengan memberikan pujian. Dengan cara ini, orang lain pun enggak akan kecewa jika kamu menolak permintaan mereka. Misalnya saat temanmu mengajak untuk jalan-jalan, kamu bisa mengatakan "Wah, pasti menyenangkan. Sayang sekali aku enggak bisa ikutan karena…" atau kalimat pujian lainnya.

Buat Alasan yang Logis

Jika kamu menolak permintaan seseorang jangan lupa untuk memberikan alasan yang logis ya. Jangan sampai kamu malah memberikan alasan yang berlebihan.
Berpikir/freepik.com

Jika kamu menolak permintaan seseorang jangan lupa untuk memberikan alasan yang logis ya. Jangan sampai kamu malah memberikan alasan yang berlebihan. Hal ini justru bisa menimbulkan konflik antara kamu dan lawan bicaramu.

Rumus agar penolakanmu berhasil adalah dengan mengucapkan kalimat yang mengandung komitmen. Contohnya seperti "Aku sudah ada janji dengan kakakku besok.." atau lain sebagainya.

Ucapkan Kata Maaf

Daripada langsung menolak dengan berkata
Meminta Maaf/freepik.com

Daripada langsung menolak dengan berkata "tidak" pada orang lain, ada baiknya jika kamu mengucapkan "maaf" terlebih dulu. Sebab, kata "maaf" memang cukup ampuh untuk meluluhkan hati seseorang. Selain itu, cara yang satu ini pun sangat sopan sehingga orang lain enggak akan merasa tersinggung.

Namun, kamu harus mengucapkan kalimat ini dengan sungguh-sungguh ya. Atur nada bicaramu sehalus mungkin saat mengatakannya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id