sign up SIGN UP

LIFE

Bingung karena Garing? 5 Tips Ini Bikin Kamu Gak Kehilangan Bahan Obrolan

Dian Aprilia | Jumat, 02 Apr 2021 19:00 WIB
Bingung karena Garing? 5 Tips Ini Bikin Kamu Gak Kehilangan Bahan Obrolan
caption

‘Duh ngobrolin apa lagi ya?’ Pernah nggak sih kamu merasa kebingungan menentukan obrolan saat bertemu dengan orang lain? Tidak hanya dengan gebetan, bisa juga sahabat, orang baru, rekan kerja dan lainnya. Bagi yang introvert, mungkin juga merasa sulit untuk membuka percakapan, apalagi pada orang yang belum terlalu dekat.

Hal tersebut tentu membuat situasi menjadi garing, awkward, dan bikin kamu dengan dia jadi salting. Lantas bagaimana caranya untuk tetap bisa ngobrol panjang, asyik dan seru ya? Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips agar kamu tak kehilangan bahan obrolan:

Hindari Basa-basi

Hindari basa basi
Hindari basa basi/pexels.com

Seringkali jika sudah masuk dalam kondisi awkward, orang memilih untuk meluncurkan pertanyaan basa-basi, seperti sudah makan atau belum, berangkat naik apa dan dengan siapa, yang sebenarnya mereka sudah tahu jawabannya. Hal ini bukannya bikin suasana cair, tapi malah bikin lawan bicaramu jadi ilfeel.

Untuk itu, sebaiknya kamu buat pertanyaan dan buka percakapan dengan tulus. Misalnya dengan mengapresiasi penampilannya, mengulik latar belakang, pekerjaan, asal daerah, minat atau hobinya. Cari kesamaan topik-topik tersebut dengan pribadimu. Lalu buat topik itu jadi lebih dalam dan asyik untuk diobrolkan.

Dengarkan Baik-baik

Dengarkan baik-baik
Dengarkan baik-baik/pexels.com

Penting untuk mendengarkan untuk mendengarkan bukan menjawab. Pernah nggak sih, kamu tidak fokus ke pembicaraan orang lain, seolah mendengar padahal sebenarnya dalam pikiranmu kamu sedang bertanya-tanya ‘selanjutnya aku jawab/balas apa ya?’. BIG NO.

Sebaiknya kamu tidak melakukan itu ya, dengarkan dengan tulus apa yang lawan bicaramu katakan. Selain membuatmu lebih paham tentang lawan bicara, hal ini juga membuat mereka merasa dihargai dan dihormati. Tak hanya itu, kamu pasti juga menemukan jawaban atau balasan yang tepat setelah mendengarkan dengan lebih baik.

Hindari Pertanyaan Sederhana

Hindari pertanyaan sederhana
Hindari pertanyaan sederhana/pexels.com

Jangan bertanya pertanyaan sederhana yang hanya membutuhkan jawaban ya atau tidak. Contohnya, ‘sendirian? tadi di rumahmu hujan?’ dan lainnya. Alih-alih bikin pertanyaan sederhana seperti itu, kamu bisa pilih pertanyaan yang bisa dieksplorasi seperti, ‘sekarang lagi suka lagu apa? kenapa?’.

Dengan pertanyaan itu kamu bisa mengeksplor hobi dan minat lawan bicaramu. Sehingga bisa mengenalinya lebih dalam dan juga tidak kehabisan topik obrolan.

Pastikan Suasana Kondusif

Suasana kondusif
Suasana kondusif/pexels.com

Kondisi eksternal termasuk hal yang penting untuk ngobrol dengan baik. Untuk itu, pilih tempat yang tepat, nyaman, dan terhindar dari berbagai gangguan. Kamu bisa pilih café yang tidak terlalu ramai dan tidak terlalu dekat dengan jalan raya.

Selain itu kamu juga perlu tahu bahwa lawan bicaramu juga dalam kondisi yang baik untuk ngobrol. Pastikan dia sedang tidak terburu-buru, tidak sakit, dan merasa terbuka untuk ngobrol denganmu.

Lakukan dengan Santai dan Enjoy

Lakukan dengan santai
Lakukan dengan santai/pexels.com

Terakhir, lakukan obrolan tersebut dengan santai dan enjoy, agar obrolan terasa lebih menyenangkan bukan menegangkan. Sesekali kamu bisa menyelipkan humor di dalam obrolan. Kalau kesulitan, jangan memaksakan diri untuk melakukannya ya.

Itulah 5 tips yang perlu kamu lakukan agar tak kehilangan bahan obrolan dengan lawan bicara. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id