sign up SIGN UP

LIFE

Breaking News: Tanggal 26 Juli PPKM Darurat Akan Berakhir

Amelia Ayu Kinanti | Selasa, 20 Jul 2021 20:28 WIB
Breaking News: Tanggal 26 Juli PPKM Darurat Akan Berakhir
Foto: Presiden Jokowi (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan nasib PPKM Darurat malam ini (20/07/2021). Lewat akun youtube Sekretariat Kepresidenan, Presiden Jokowi menyampaikan keputusannya. Di awal pidatonya, Jokowi menyampaikan bahwa PPKM Darurat dianggap berhasil, karena menurut data penurunan okupansi rumah sakit dan penambahan kasus menurun.

"Kita patut bersyukur setelah dilaksanakan PPKM darurat, terlihat dari data, penambahan kasus dan kepenuhan bed rumah sakit mengalami penurunan," ujar Jokowi dalam pidatonya.

Sejatinya PPKM darurat berakhir hari ini (20/07/2021), namun dari pidatonya, Presiden menjelaskan bahwa PPKM Daruran baru akan dilonggarkan di tanggal 26 Juli 2021. Lebih lanjut Jokowi juga menjelaskan mekanisme secara umum bagaimana pelaksanaan pelonggaran PPKM di tanggal 26 Juli mendatang. Yang pertama beliau menjelaskan bahwa pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok diprbolehkan untuk beroperasi hingga jam 20.00 dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Sedangkan pasar tradisional yang tidak menjual kebutuhan pokok juga dipersilakan untuk beroperasi namun hingga pukul 15.00.

Selain itu pengusaha kecil seperti kaki lima, pangkas rambut, cuci mobil dan sejenisnya juga diizinkan beroperasi hingga pukul 21.00, namun dengan catatan, mereka yang memiliki ruang usaha yang terbuka alias outdoor. Pengunjung pun dibatasi waktu berkunjungnya maksimal 30 menit saja.

Sedangkan untuk unit bisnis kritikal, baik dari sektor pemerintahan maupun swasta, Jokowi belum menjelaskan secara detail aturannya. Menurutnya, nanti akan dijelaskan secara terpisah.

Di akhir, Pak Jokowi meminta kerjasama seluruh masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan, demi kesuksesan PPKM darurat ini. Karena pelonggaran PPKM Darurat di tanggal 26 Juli mendatang hanya akan dilakukan, bila angka kasus penularan Covid-19 terus turun.

"Saya minta kita semua bisa bekerjasama, bahu-membahu, untuk melaksanakan PPKM ini dengan harapan kasus segera turun dan tekanan terhadap rumah sakit menurun. Untuk itu kita semua harus menigkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. Melakukan isolasi terhadap yang bergejala, dan memberikan pengobatan dini pada yang terpapar," ujar Jokowi lagi.

Nah Beauties, selalu patuh protokol kesehatan ya. Yuk mari kita bersama-sama saling menjaga diri dan orang-orang tersayang!

(ayk/ayk)

Our Sister Site

mommyasia.id