sign up SIGN UP

LIFE

Buat Pergantian Tahun Jadi Lebih Bahagia dengan Perubahan Kecil Ini

Astari Dewi Larasati | Jumat, 08 Jan 2021 09:00 WIB
Buat Pergantian Tahun Jadi Lebih Bahagia dengan Perubahan Kecil Ini
caption
Jakarta -

Tidak terasa saat ini sudah tahun 2021, tahun kemarin memang menjadi cobaan tersendiri bagi seluruh orang di dunia. Banyak yang mengalami cobaan yang berat karena adanya pandemi. Namun hidup harus tetap berjalan dan lebih dibawa senang.

Bahagia akan membuat hidup jauh lebih mudah dan makmur. Untuk tetap mempunyai tujuan serta semangat hidup, bisa menerapkan beberapa perubahan kecil yang akan membantu diri sendiri jadi lebih menyenangkan dan bahagia.

Jadikan tidur sebagai prioritas

Tidur akan memberikan otak untuk memulihkan dari kesibukan aktivitas sehari-hari.
Freepik.com

Tidur akan memberikan waktu untuk otak memulihkan dari kesibukan aktivitas sehari-hari. Jika terlalu memaksakan untuk terlalu produktif akan membuat tubuh, mata, serta otak lelah. Tiap orang juga memiliki kebutuhan tidur masing-masing, tapi rata-rata menghabiskan waktu tujuh hingga sembilan jam. Bereksperimenlah dengan waktu yang berbeda untuk menemukan lama tidur paling ideal.

Tambahkan perawatan diri dalam rutinitas

Perawatan diri sangat membantu untuk membuat perasaan jadi lebih bahagia.
Freepik.com

Perawatan diri sangat membantu untuk membuat perasaan jadi lebih bahagia. Jadi luangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri agar lebih rileks. Walaupun saat ini banyak orang menghabiskan waktu di rumah, namun perawatan diri masih tetap dibutuhkan. Lakukan hal menyenangkan seperti menyeduh teh, memakai masker, melakukan rangkaian skincare, berendam, olahraga ringan, hingga melukis.

Temukan olahraga yang disukai

Cobalah untuk mencari jenis olahraga favorit yang bisa dijadikan rutinitas.
Freepik.com

Mayoritas orang Indonesia tidak menjadikan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari. Padahal ada banyak manfaat yang didapatkan dari berolahraga termasuk mendapatkan kebahagiaan. Cobalah untuk mencari jenis olahraga favorit yang bisa dijadikan rutinitas. Setelah menemukannya, lakukan seminggu tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak perlu olahraga berat cukup yang menghasilkan keringat.

Bersikap teratur

Bukan hanya mendapatkan lingkungan rapi tapi juga kebahagiaan.
Freepik.com

Dengan menerapkan sikap yang teratur, bukan hanya mendapatkan lingkungan rapi tapi juga kebahagiaan. Pertama rapikan kamar dan setiap ruangan di rumah, hal ini tidak hanya menyenangkan secara estetika tapi memengaruhi suasana hati. Jangan menunda waktu dan beralasan sibuk sehingga membuat rumah berantakan. Hal ini akan memicu stress yang selama ini terpendam. Coba perhatikan barang, pakaian, aksesoris hingga makeup yang sudah lama tidak digunakan.

Media sosial ada dampak positif, namun bisa menyebabkan depresi, gangguan tidur, dan kecemasan.
Freepik.com

Menetapkan batasan untuk memakai handphone, teknologi, dan media sosial secara umum adalah salah satu untuk mendapatkan kebahagiaan. Pertama, coba jangan gunakan handphone setelah bangun tidur dan mengeceknya ketika sudah jam sembilan pagi.

Media sosial memang punya dampak positif, namun bisa juga menyebabkan depresi, gangguan tidur, dan kecemasan. Mulailah mode sunyi pada handphone, istirahat tanpa memegang handphone, serta hindari memakai media sosial selama setengah hingga satu jam.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id