sign up SIGN UP

LIFE

Cara Merawat Orang Tua Saat Ramadan, Agar Tetap Sehat dan Kuat Berpuasa

Dian Aprilia | Selasa, 27 Apr 2021 17:00 WIB
Cara Merawat Orang Tua Saat Ramadan, Agar Tetap Sehat dan Kuat Berpuasa
caption

Islam sangat menghormati sosok orang tua. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perintah Allah SWT agar setiap anak untuk berbuat baik kepada orang tua. Bahkan Allah SWT juga memberikan ancaman kepada siapa saja yang tidak memperlakukan orang tua dengan hormat dan baik.

Oleh sebab itu, anak memiliki kewajiban untuk memelihara dan merawat orang tua dengan baik. Apalagi jika saat ini, orang tua sudah memasuki usia lanjut, yang membuat fisiknya cenderung lemah dan kurang sehat. Berikut beautynesia.id telah merangkum cara merawat orang tua saat Ramadan agar tetap sehat dan kuat berpuasa:

Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman

Asupan makanan
Asupan makanan/pexels.com

Jaga dengan ketat asupan makanan dan minuman untuk orang tua. Tentunya harus memenuhi berbagai nutrisi, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein, dan juga lemak. Jangan lupakan pantangan makanan atau minuman orang tua. Misalnya jika orang tua mengidap penyakit diabetes atau kolesterol yang tinggi.

Kamu bisa memenuhi gizi orang tua dengan asupan nutrisi yang cukup seperti karbohidrat kompleks (nasi merah, oat, dll), sayuran, buah-buahan, ayam/ikan/daging, dan kacang-kacangan. Lengkapi nutrisi orang tua dengan susu rendah lemak dan juga suplemen.

Mengingatkan Orang Tua untuk Makan Tepat Waktu

Makan teratur
Makan teratur/pexels.com

Orang tua biasanya kerap merasa tidak berselera makan dan memundurkan waktu makan. Oleh sebab itu, anak harus gigih untuk mengingatkan ortu makan tepat waktu. Bisa dengan menyiapkan makanan kesukaannya, yang tentu saja harus tetap sehat. Selain itu, kamu juga bisa mendampingi makan agar orang tua lebih bersemangat untuk makan.

Ajak Orang Tua Berolahraga Ringan

Olahraga ringan
olahraga ringan/pexels.com

Meski sudah berusia lanjut, orang tua tetap wajib untuk melakukan olahraga ringan. Hal ini agar kalori yang masuk bisa dibakar dan tidak menumpuk jadi lemak. Banyak sekali pilihan olahraga ringan yang bisa dilakukan orang tu. Diantaranya adalah peregangan di rumah, jalan santai, yoga, ataupun bersepeda santai.

Kamu bisa mengajak orang tua keluar rumah dan menghirup udara segar. Hal ini bisa meningkatkan hormon endorfin dan melepaskan stres di pikiran.

Kontrol Gula Darah Secara Berkala

Kontrol gula darah
Kontrol gula darah/pexels.com

Hal penting yang tak boleh dilewatkan adalah kontrol gula darah, utamanya pada penderita diabetes atau memiliki potensi mengalaminya. Hal ini bisa menurunkan risiko terjadinya komplikasi. Komplikasi penyakit diabetes bisa menyebabkan berbagai kerusakan di organ tubuh. Seperti halnya kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung dan stroke.

Itulah 4 langkah penting yang perlu kamu lakukan saat merawat orang tua di bulan Ramadan. Selamat menjalankan ibadah puasa.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id