sign up SIGN UP

LIFE

Catat, Ini 4 Negara Paling Damai di Dunia

Jovita | Jumat, 20 Nov 2020 23:00 WIB
Catat, Ini 4 Negara Paling Damai di Dunia
caption

Setiap orang pasti ingin tinggal di negara yang aman dan damai. Aman dan damainya sebuah negara akan berimbas pada kesejahteraan rakyatnya juga. Berdasarkan Institute for Economics and Peace (IEP), ada sejumlah negara yang bisa dikategorikan masuk ke dalam negara damai.

Setidaknya, ada 23 indikator untuk menjadi negara paling damai yang dikelompokkan ke dalam tiga kriteria, yakni keselamatan dan keamanan masyarakat, tingkat konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung serta tingkat militerisasi. Hasilnya, ada 4 negara yang mendapat predikat negara paling aman di dunia, berikut daftarnya.

1. Islandia

Islandia/ Foto: Pexels.com
Islandia/ Foto: Pexels.com

Di peringkat pertama, ada Islandia yang menjadi negara paling damai di dunia. Negara di benua Eropa ini, sudah sepuluh tahun berturut-turut menyandang status sebagai negara paling damai di dunia. Tingkat keamanannya pun cukup tinggi, sedangkan tingkat kejahatan sangat rendah. Kamu juga bisa merasakan stabil dan bagusnya sistem pendidikan  di sini. Untuk tingkat kesejahteraan Islandia tidak perlu diragukan lagi, karena negara ini termasuk yang terbaik dalam hal pekerjaan dan penghasilan dan rasa kesejahteraan subjektif.

Selain itu, ketegangan antara kelas ekonomi digambarkan tidak ada. Sebanyak 97% penduduk menggambarkan diri mereka sebagai kelas menengah dan kelas pekerja. Bahkan saat dunia dilanda wabah virus COVID-19, Islandia saat dua bulan setelah kasus pertama, berhasil menjaga kasus di bawah 2000 dengan jumlah kematian hanya 10.

2. Selandia Baru

Selandia Baru/ Foto: Pexels.com
Selandia Baru/ Foto: Pexels.com

Selanjutnya, ada Selandia Baru yang berada di peringkat kedua sebagai negara paling damai di dunia. Tidak hanya damai, Selandia baru juga dikenal sebagai negara yang aman. Dalam 10 tahun terakhir Selandia Baru tidak pernah turun di bawah peringkat keempat dalam Indeks Perdamaian Global.

Hal ini dikarenakan Selandia Baru atau yang lebih dikenal dengan New Zealand, memiliki nilai yang hampir sempurna dalam domain konflik domestik dan internasional, militerisasi dan keamanan masyarakat. Negeri awan putih ini juga menempati peringkat teratas dalam status kesehatan dan di atas rata-rata di antara anggota Organisation for Economic Co-operation and Developmen (OECD) dalam hal pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan.

3. Portugal

Portugal/ Foto: Pexels.com
Portugal/ Foto: Pexels.com

Salah satu negara yang masuk dalam daftar negara paling damai di dunia adalah Portugal. Portugal bergerak dari posisi ke-18 pada tahun 2014 ke posisi ketiga pada tahun 2017. Namun, dalam dua tahun terakhir, negara dengan jumlah penduduk sekitar 10 juta ini sempat merosot ke posisi keempat.

Hal yang membuat Portugal berada di lima besar karena keseimbangan kehidupan kerja, keamanan pribadi, dan kualitas lingkungan. Negara yang ikonik dalam bidang sepak bola ini, dinilai sebagai salah satu dari tiga tujuan ekspatriat favorit di dunia.

4. Denmark

Denmark/ Foto: Pexels.com
Denmark/ Foto: Pexels.com

Denmark adalah salah satu negara yang aman untuk dikunjungi dan ditinggali. Hal ini dilihat dari tingkat kejahatannya yang rendah, tingkat stabilitas politik yang tinggi, kebebasan pers dan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Negara yang dikenal sebagai negara paling bahagia ini juga memiliki tingkat kesetaraan pendapatan yang tinggi. Jadi kapan Beautynesian mau berkunjung ke Denmark?

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id