sign up SIGN UP

LIFE

Cek Ladies, Aturan Penting Memakai dan Melepas Masker dengan Benar

Agesti | Selasa, 22 Dec 2020 16:15 WIB
Cek Ladies, Aturan Penting Memakai dan Melepas Masker dengan Benar
caption

Ladies, COVID-19 masih ada di sekitar kita. Untuk itu penting untuk menjaga diri sendiri dan orang lain dari paparan virus, yaitu dengan menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Memakai masker menjadi salah satu elemen penting yang saat ini tak pernah ketinggalan dalam kegiatan sehari-hari. Namun, meski sudah menggunakannya setiap hari, apa kamu yakin cara memakai masker kamu selama ini sudah benar?

Seperti dilansir dari Wolipop, ada lima cara memakai dan melepas masker yang benar menurut Buku Saku Pencegahan Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19 yang perlu kamu tahu! Yuk, simak, Ladies!

Mencuci Tangan Sebelum Pakai Masker

Ilustrasi wanita mencuci tangan.
Sebelum menyentuh masker, cuci tangan terlebih dahulu. Sumber: Unsplash/National Cancer Institute

Sebelum menyentuh masker, cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik menjadi hal wajib yang harus kamu lakukan. Kalau tidak ada, kamu bisa membersihkan tangan menggunakan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. Hal ini perlu dilakukan pasalnya tangan kamu bisa saja mengandung bakteri dan kotoran tak terlihat dan akan berbahaya jika langsung menyentuh masker.

Cek Masker

Ilustrasi masker
Cek kondisi masker sebelum digunakan. Sumber: Unsplash/Mika Baumeister

Lakukan pemeriksaan masker sebelum kamu menggunakannya. Cek kembali apakah ada sobekan atau lubang di masker kamu. Jika ada, sebaiknya ganti masker yang lain.

Jangan Sentuh Masker

Ilustrasi wanita menggunakan masker
Jangan menyentuh bagian luar masker. Sumber: Unsplash/Michael Amadeus

Salah satu kebiasaan yang wajib dihindari selama masa pandemi ini adalah menyentuh masker pada saat kamu memakainya. Karena pada bagian luar masker bisa saja terdapat kotoran, kuman hingga virus yang menempel. Hindari ya, Ladies!

Cara Melepas Masker

Ilustrasi pria melepas masker
Melepas masker juga ada caranya, lho! Sumber: Unsplash/Kobby Mendez

Setelah digunakan selama 4 jam, lepas masker dengan melepaskan tali dari belakang telinga sambil menjauhkan masker dari wajah dan pakaian.

Gunting Masker yang Telah Dipakai

Ilustrasi masker
Gunting masker yang telah digunakan. Sumber: Unsplash/Anshu A

Gunting atau sobek masker sekali pakai yang telah digunakan dan buang ke tempat sampah. Untuk masker kain, maka langsung cuci dengan sabun dan air bersih.

Itu dia cara memakai masker dan melepasnya dengan baik dan benar! Ingat selalu ya, Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id