sign up SIGN UP

Di Balik Cantiknya, 6 Jenis Tanaman Hias Ini Justru Simpan Racun Berbahaya!

Tim Redaksi Hai Bunda | Selasa, 05 Oct 2021 15:30 WIB
Di Balik Cantiknya, 6 Jenis Tanaman Hias Ini Justru Simpan Racun Berbahaya!
caption
Jakarta -

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, sejumlah hobi baru untuk mengusir stres mulai bermunculan. Salah satunya adalah mengoleksi beragam tanaman hias.

Tapi dalam mengoleksi tanaman hias ini, kamu perlu lebih hati-hati lagi, Beauties! Beberapa tanaman hias memang memiliki daya tarik yang dapat memikat mata, seperti daun hijau, bunga cantiknya, dan buahnya berwarna-warni.

Sayangnya, di balik kecantikan tersebut justru ada bahaya yang mengintai. Dimana deretan tanaman hias tersebut tergolong ke dalam jenis tanaman hias beracun dan berbahaya. Akibatnya pun tidak hanya menyebabkan gangguan kesehatan fatal saja tapi bisa berakhir kematian untuk korbannya.

Maka penting untuk di kenali, berikut ini 6 jenis tanaman hias yang perlu kamu hindari. Simak yuk, Beauties!

1. Bittersweet Nightshade

Bittersweet NightshadeBittersweet Nightshade/ Foto: Nytimes

Bittersweet Nightshade atau yang memiliki nama ilmiah Solanum dulcamara ini memiliki ciri khas buah berwarna merah, bunga cantik berwarna ungu, dan batangnya yang kecil. Terlihat cantik memang, apalagi untuk dikoleksi di halaman rumah.

Namun sayangnya, di balik cantiknya tanaman hias tersebut, tersimpan racun berbahaya. Saat tidak sengaja termakan, maka akan segera datang reaksi sakit kepala, kantuk, sakit perut, muntah, gemetar, suhu turun, pupil melebar, dan diare. Tentu hal ini cukup berbahaya untuk kesehatanmu ya, Beauties!

2. Poison Ivy

Poison IvyPoison Ivy/ Foto: Nytimes

Poison Ivy atau Toxicodendron radicans menjadi salah satu tanaman beracun selanjutnya. Tanaman ini memiliki daya tarik pada tiga lembar daun yang selalu ada di  setiap batangnya. 

Walau terlihat seperti tanaman biasa dengan daun hijaunya, namun Poison Ivy ternyata sangat beracun karena dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit, yang mana bisa membuat kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal. 

Ternyata racun pada Poison Ivy ini berasal dari getah berminyak di daunnya yang disebut urushiol. Umumnya tanaman ini tumbuh di semak-semak dan menempel pada batang pohon. 

3. Jelatang Menyengat

Jelatang Menyengat atau Stinging NettleJelatang Menyengat atau Stinging Nettle/ Foto: Healthline

Berbeda dengan Poison Ivy yang lebih jarang ditemukan di halaman rumah, Jelatang Menyengat yang memiliki nama lain Stinging Nettle ini banyak terdapat di halaman rumah.

Keunikan tanaman ini terletak pada bulu-bulu halus dan kecil pada batang dan daunnya. Namun sayangnya, saat kamu tidak sengaja tersentuh dan patah, jenis tanaman ini akan mengeluarkan cairan gatal dan menyengat. Reaksinya pun sama, kamu akan merasakan alergi kulit seperti halnya menyentuh Poison Ivy.

Beauties, untuk mengetahui jenis tanaman hias cantik tapi beracun selanjutnya, baca selengkapnya di sini.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id