sign up SIGN UP

Diklaim Lebih Baik dari Influencer Biasa, Kenalan dengan 'Genuinfluencer' yang Kini Ramai Jadi Tren

Dimitrie Hardjo | Jumat, 20 Aug 2021 16:30 WIB
Diklaim Lebih Baik dari Influencer Biasa, Kenalan dengan 'Genuinfluencer' yang Kini Ramai Jadi Tren
caption

Di dunia modern ini, influencer telah menjadi bagian penting dalam dunia pemasaran produk. Dengan pengikut yang banyak dan engagement rate yang tinggi, seorang influencer seperti punya kuasa untuk mengajak mereka menjajal sebuah produk.

Tidak sedikit merek-merek yang ada menjalin partnership dengan mereka sebagai salah satu strategi pemasaran. Isu kredibilitas ulasan dari influencer sempat marak diperbincangkan di sosial media oleh karena hal ini. Seakan menjawab perdebatan tersebut, istilah Genuinfluencer pun naik ke permukaan.

Namun, apa itu Genuininfluencer? Apa perbedaannya dengan Influencer biasa? Yuk simak selengkapnya berikut ini, Beauties!

Mengenal Genuinfluencer

Mengenal Genuinfluencer/
Mengenal Genuinfluencer/ Foto: pexels.com/georgemilton

Istilah Genuinfluencer dipopulerkan oleh Worth Global Style Network (WGSN) dan muncul pada tahun 2021 sebagai kunci tren. Dibandingkan dengan mencari keuntungan belaka, Genuininfluencer memilih untuk memberikan edukasi bagi pengikutnya melalui platform sosial media yang ia miliki. Mereka melakukan partnership dengan deretan organisasi untuk memberikan informasi berdasarkan fakta yang ada demi mengedukasi banyak orang mengenai hal tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah karakteristik yang membedakan Genuinfluencer dengan Influencer biasa.

1. Menguasai Topik Tertentu

Biasanya Genuinfluencer adalah orang-orang yang ahli dalam bidang tertentu. Mereka mempelajari sebuah topik dan memperdalamnya hingga mereka benar-benar mengerti tentang topik tersebut. Setelah mereka mengedukasi diri, mereka akan membagikan apa yang telah ia dapatkan dari proses belajar tersebut ke orang lain.

2. Membagikan Apa yang Mereka Pelajari dengan Transparan, Benar, dan Jelas

Menjelaskan dengan transparan, benar, dan jelas/
Menjelaskan dengan transparan, benar, dan jelas/ Foto: pexels.com/plann

Ilmu yang mereka dapatkan tersebut ia bagikan pada banyak orang secara transparan dan jelas, disertai dengan data atau informasi yang akurat. Kredibilitas dari informasi yang disampaikan Genuinfluencer ini dapat terjamin karena diperkuat oleh fakta yang ada.

3. Mengajak Pengikutnya Berdiskusi tentang Sebuah Topik Penting

Mengajak pengikutnya berdiskusi/
Menjelaskan dengan transparan, benar, dan jelas/ Foto: pexels.com/georgemilton

Bukan hanya menyampaikan informasi, Genuinfluencer juga terbuka untuk berdiskusi dan bertukar informasi dengan para pengikutnya. Ilmu bisa didapatkan di mana-mana, termasuk juga dari para pengikut yang begitu beragam latar belakangnya.

Diskusi yang dilakukan ini akan menghilangkan kesan “beriklan”, melainkan membentuk hubungan yang lebih kuat dengan komunikasi dua arah serta menimbulkan kesan tersendiri yang tahan lama bagi para pengikut.

4. Lebih Dikenal Akan Kualitas Kontennya yang Tinggi Dibandingkan Jumlah Pengikut

Oleh karena kontennya yang bukan hanya meningkatkan awareness, tapi juga sangat berkualitas, Genuinfluencer lebih dikenal di masyarakat oleh karena kontennya tersebut. Membagikan informasi dan edukasi kredibel menjadi hal yang semakin dicari banyak orang dibandingkan sekadar mempromosikan produk yang memberikan impresi singkat.

Beauties, itu dia perbedaan Genuinfluencer dan Influencer. Lalu, siapa yang muncul dibenakmu setelah mengetahui tentang Genuinfluencer ini? 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id