sign up SIGN UP

Diperingati Setiap Tanggal 25 November, Ternyata dari Kisah Perjuangan Ini Lho Sejarah Hari Guru Nasional

Fina Prichilia | Kamis, 25 Nov 2021 14:30 WIB
Diperingati Setiap Tanggal 25 November, Ternyata dari Kisah Perjuangan Ini Lho Sejarah Hari Guru Nasional
Foto: Logo Hari Guru Nasional 2021 (Foto: Kemdikbud)
Jakarta -

Selamat Hari Guru Nasional! Tepatnya pada hari ini, 25 November, menjadi hari yang membanggakan atas jasa para guru, dan ada kisah perjuangan di baliknya. Rupanya sejarahnya nggak lepas dari sejarah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) lho, Beauties.

Sejarah Hari Guru Nasional berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912. Pada tahun 1932 pun berganti nama jadi Persatuan Guru Republik Indonesia.

Dilansir dari situs PGRI DKI, sebenarnya perubahan nama dari PGHB ke PGI tidak begitu disukai pemerintah Belanda, karena dengan adanya kata 'Indonesia', seperti mencerminkan semangat kebangsaan Indonesia dan menjadi ancaman bagi mereka.

Kemudian pada zaman kependudukan Jepang, PGI tidak melakukan aktivitas dan organisasi itu dilarang, Beauties. Singkatnya setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia yang pertama kali pada 24-25 November di Surakarta.

PGRI dibentuk pada 25 November 1945, digagas oleh Rh. Koesnan, Djajeng Soegianto, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, dan Abdullah Noerbambang.

Ditetapkan Oleh Presiden pada 1994

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim menghadiri Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-74 PGRI. Nadiem memberikan janji untuk menyederhanakan administrasi, tapi para guru harus bersabar.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim menghadiri Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-74 PGRI. Nadiem memberikan janji untuk menyederhanakan administrasi, tapi para guru harus bersabar./ Foto: Arief/detikcom

Kemudian berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994, pada tanggal 25 November ditetapkannya Hari Guru Nasional, tepatnya oleh Presiden Soeharto. Pada tanggal tersebut juga bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Setiap tahunnya pun akan diperingati dan adanya pedoman untuk memperingatinya dari pemerintah. Pada tahun ini, pemerintah telah menerbitkan pedoman untuk memperingati Hari Guru Nasional 2021 yang diterbitkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim.

Siswa SMPN 3 Salatiga cuci motor gurunya memperingati hari guru nasional, Rabu (25/11/2020).Siswa SMPN 3 Salatiga cuci motor gurunya memperingati hari guru nasional, Rabu (25/11/2020)./ Foto: Akbar Hari Mukti/detikcom

Adapun kegiatan yang dapat dilakukan di satuan pendidikan, instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2021, yakni seperti upacara bendera, mengangkat tema yang berbeda-beda tiap tahunnya, dan melakukan berbagai aktivitas yang kreatif guna memperingati Hari Guru Nasional.

Bagaimana di tempatmu, Beauties? Pastikan tetap menerapkan protokol kesehatan selagi ikut memeriahkannya ya!

[Gambas:Youtube]


-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id