sign up SIGN UP

Hati-hati! 10 Tanaman Hias Ini Terlihat Cantik, Namun Ternyata Beracun Lho!

Tim Redaksi CNBC | Jumat, 26 Nov 2021 10:39 WIB
Hati-hati! 10 Tanaman Hias Ini Terlihat Cantik, Namun Ternyata Beracun Lho!
Hati-hati! Tanaman Hias Ini Cantik Namun Ternyata Mematikan!/Foto: Pexels/Huy Phan
Jakarta -

Memiliki hunian dengan udara yang sejuk dan dihiasi dengan berbagai tanaman hias yang dapat mempercantik ruangan pasti menjadi idaman banyak orang. Kini tak sedikit orang yang berlomba-lomba mengoleksi tanaman hias untuk mempercantik sudut ruangan di rumah. Apakah kamu termasuk salah satunya, Beauties?

Namun, tidak semua tanaman hias bisa kamu jadikan dekorasi di dalam rumah, lho! Pasalnya, ada beberapa jenis tanaman hias yang mungkin terlihat cantik, tapi ternyata berbahaya dan tidak boleh asal diletakkan begitu saja. Terlebih apabila ada anak kecil atau hewan peliharaan, kamu harus ekstra hati-hati. Sebab, tanaman hias ini ada yang memiliki efek beracun jika sampai tertelan.

Lalu, apa saja, sih, tanaman hias cantik namun mematikan tersebut? Yuk, cari tahu agar lebih waspada!

Kuping Gajah

Alocasia/pexels.comKuping gajah atau Alocasia/pexels.com

Kuping gajah adalah salah satu tanaman hias yang populer dan menjadi favorit banyak orang. Bentuk daunnya yang unik serupa kuping gajah serta warna dan ukurannya menjadi ciri khas tersendiri.

Namun di balik keindahannya, ternyata kuping gajah menyimpan racun yang cukup berbahaya bagi makhluk hidup, Beauties! Daun dari kuping gajah diketahui dapat menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan karena menutup keluar dan masuknya udara.

Selain itu, jika kamu nggak sengaja menggosok daunnya ke tangan, bisa menimbulkan sensasi terbakar dan rasa gatal pada kulit. Wah, harus super hati-hati, nih!

ZZ Plant (Zamioculcas zamiifolia)

Zamioculcas ZamiifoliaZamioculcas Zamiifolia/ Foto: Pexels

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat tanaman hias satu ini yang sempat populer beberapa waktu lalu. ZZ plant memiliki bentuk yang kokoh serta daun yang berderet selembar-selembar layaknya uang. Inilah mengapa ZZ plant dikenal pula dengan sebutan tanaman dolar.

ZZ plant atau tanaman dolar ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi daya pikatnya. Mulai dari daun berwarna hijau pekat, berurat, kecil-kecil, mengandung banyak air hingga tampak mengilap. Di malam hari jika terkena sorotan lampu, daun dari tanaman hias satu ini seolah menampilkan kilap yang sangat indah.

Sayangnya, kamu harus berhati-hati jika ingin memelihara tanaman satu ini, terlebih jika ada anak kecil dan hewan peliharaan. Jika sampai tertelan, gejala yang dihasilkan cukup berbahaya. Mulai dari sensasi mulut terbakar, bengkak, iritasi, muntah, air liur yang berlebihan hingga kesulitan bernapas.

Lidah Mertua

foto: Lidah Mertua/freepik.comLidah Mertua/Foto: Freepik.com

Siapa, sih, yang tidak kenal tanaman hias satu ini? Yup, lidah mertua menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman hias. Lidah mertua atau snake plant mampu menawarkan kualitas udara yang sejuk pada ruangan. Tak heran lidah mertua kerap dijadikan dekorasi di dalam ruangan.

Namun harus kamu ketahui, Beauties. Ternyata lidah mertua juga termasuk tanaman hias beracun, lho! Walaupun kadar racun yang dihasilkan tidak terlalu tinggi, namun bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare.

Foxgloves

FoxglovesFoxgloves/ Foto: Freepik/wirestock

Tanaman hias foxglove atau Digitalis purpurea dikenal memiliki bunga berbentuk lonceng yang cantik dan unik. Karena bentuknya yang unik, ini bisa menarik perhatian anak kecil untuk memainkannya, bahkan mungkin menelannya.

Penting untuk diketahui, tanaman hias ini sangat berbahaya bagi manusia karena bisa menyebabkan kematian. Jika sampai tertelan, gejala yang timbul berupa kejang, tremor, denyut nadi melemah, hingga gangguan irama jantung. Maka pastikan letakkan tanaman hias ini ditempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak kecil, ya!

Meski cantik untuk dekorasi ruangan, kamu harus selalu waspada dengan tanaman hias yang dikoleksi. Nggak cuma tanaman hias di atas, masih ada lagi enam jenis tanaman hias lainnya yang juga berbahaya, lho! Yuk, cari tahu selengkapnya di sini ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id