sign up SIGN UP

LIFE

Hati-hati! Ini Dia 5 Penyebab Kebotakan pada Wanita yang Wajib Diketahui

Izzul Millati Umami | Minggu, 02 Aug 2020 15:30 WIB
Hati-hati! Ini Dia 5 Penyebab Kebotakan pada Wanita yang Wajib Diketahui
caption
Jakarta -

Ladies, rambut sejak dulu dijuluki sebagai mahkota wanita. Tak heran, banyak wanita yang merawat dan memperindah rambut. Bahkan, rela merogoh kocek lebih dalam. Hal ini semata dilakukan untuk menjaga penampilan dan kesehatan rambut. Tentu, ladies tak mau jika mahkota kebanggan ladies jadi rontok apalagi botak. Meski telah dirawat rambut tetap bisa alami kebotakan loh, ladies. Walaupun, umumnya kebotakan dialami oleh pria. Namun, wanita juga bisa mengalaminya. Ini dia, 5 penyebab kebotakan pada wanita:

1. Genetik

Genetik
Genetik/Sumber:Pixabay.com

Ladies, faktor utama kebotakan pada wanita adalah adanya genetik. Gen tersebut didapat dari orang kita, ladies. Faktor ini disebut dengan androgenetik alopecia. Namun, ladies bisa mencegah dan menghambat kebotakan dengan membiasakan hidup sehat dan rajin melakukan perawatan pada rambut.

2. Alopecia Areata

Ladies, rambut botak pada wanita juga bisa disebabkan oleh riwayat penyakit. Beberapa penyakit tersebut adalah diabetes, infeksi kulit, dan alopecia areata. Alopecia areata sendiri adalah kerontokan yang disebabkan oleh kondisi autoimun dalam sisitem imunitas tubuh yang menyerang folikel rambut. Penyebab dari alopecia areata ini masih belum diketahui secara pasti. Diduga pemicunya adalah hormon, infeksi virus, dan lain-lain. Kondisi ini menyerang berbagai kalangan ladies pria, wanita, muda, maupun tua bisa mengalaminya. 


3. Gaya Hidup yang Buruk

Gaya Hidup
Gaya Hidup/Sumber:Pixabay.com

Ladies, biasakan hidup sehat jika tak mau mengalami kebotakan. Karena gaya hidup yang buruk pada wanita bisa menyebabkan kebotakan, loh. Seperti kebiasaan minum-minuman beralkohol, pemakaian obat-obatan terlarang, begadang, dan lainnya

4. Tindakan Medis

Tindakan Medis
Tindakan Medis/Sumber:Pixabay.com

Ladies, pasti tak asing dengan kebotakan yang dialami oleh seseorang usai dilakukan kemoterapi dan radioterapi? Yup, hal ini disebabkan oleh tindakan media dan pengaruh obat-obatan tersebut mempunyai efek samping yang bisa menyebabkan botak. Efek dari tindakan medis dan obat-obatan tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel rambut, ladies.

5. Salah pilih Produk Perawatan Rambut

Rambut
Rambut/Sumber:Pixabay.com

Ladies, salah pilih produk perawatan rambut bisa menyebabkan botak pada rambut. Sehingga, ketahui terlebih dahulu tipe produk yang sesuai dengan jenis kulit  ladies, serta ketahui permasalahannya agar bisa menemukan produk yang tepat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id