sign up SIGN UP

LIFE

Hati-Hati! Ini Kebiasaan yang Membuat Hari Kamu Tidak Produktif

Astari Dewi Larasati | Kamis, 10 Sep 2020 12:00 WIB
Hati-Hati! Ini Kebiasaan yang Membuat Hari Kamu Tidak Produktif
caption
Jakarta -

Kebanyakan orang mengharapkan dirinya agar dapat menjalani hari dengan produktif. Mengerjakan pekerjaan yang sudah lama ingin dikerjakan, mempelajari hal baru, hingga menyelesaikan pekerjaan rumah. Namun kebanyakan keinginan hanya berujung pada ketidakproduktifan.

Biasanya niat baik ini tidak terlaksana karena terhalang rasa malas luar biasa yang menyelimuti diri sendiri. Meskipun sibuk, tingkat produktif tiap orang berbeda lho. Namun ada beberapa kebiasaan yang membuat hari menjadi tidak produktif sebagai berikut ini.


Mengecek handphone

Walaupun terasa hanya sebentar, namun tiba-tiba hal ini sudah dilakukan selama berjam-jam.
Mengecek handphone/freepik.com

Main handphone sambil tiduran merupakan hobi semua orang. Namun ini adalah salah satu penyebab terbesar hari menjadi tidak produktif. Karena jadi lupa waktu dan membuat rasa malas menjadi lebih terasa. Walaupun terasa hanya sebentar, namun tiba-tiba hal ini sudah dilakukan selama berjam-jam. Cobalah untuk matikan telepon ketika sedang melakukan tugas, letakkan handphone jauh dari pandangan, dan gunakan hanya seperlunya.

Bekerja terlalu banyak

Manusia memiliki keterbatasan dan tidak bisa melakukan kerjaan terlalu banyak.
Bekerja terlalu banyak/freepik.com

'

Melakukan banyak kerjaan kantor dalam satu waktu juga merupakan kebiasaan yang membuat tidak produktif. Padahal tujuan untuk menyelesaikan pekerjaan adalah bisa menyicil tugas agar cepat selesai. Belum lagi mengerjakan pekerjaan rumah yang selalu menumpuk. Ingat bahwa manusia memiliki keterbatasan dan tidak bisa bekerja terlalu keras. Cobalah untuk buat daftar kerjaan yang harus dikerjakan tiap harinya, bersikaplah realistis, dan jangan malu untuk menolak kerjaan.

Tidur siang untuk waktu yang lama

Tidur siang adalah kesempatan berharga khsususnya bagi pegawai kantoran.
Tidur siang untuk waktu yang lama/freepik.com

Bisa tidur siang merupakan suatu kesempatan berharga khusunya bagi pegawai kantor. Karena pada hari kerja biasanya mereka akan berkutat dengan kerjaan dan tidak punya waktu. Namun hal ini bisa dilakukan ketika akhir pekan sudah datang. Tapi jangan jadikan hal ini alasan untuk tidur siang dalam waktu yang lama, hanya cukup 30 menit saja. cobalah untuk atur jadwal tidur, hindari berbaring dalam waktu lama, dan jika tidur pasang alarm.

Tidak memiliki jadwal pasti

Membuat jadwal akan membuat diri tetap berada dijalur dan terkendali.
Tidak memiliki jadwal pasti/pinterest.com/myinnercreative

Fakta bahwa setiap hari adalah hari sibuk sudah tidak bisa dihindari. Namun hal ini sedikit lebih ringan dengan membuat jadwal tiap hari. Dengan membuat jadwal tentang hal-hal apa saja yang dilakukan dan berapa lama, bisa membuat diri tetap berada di jalur agar terkendali. Cobalah untuk membuat jadwal kegiatan setiap hari, jadwalkan tugas berdasarkan prioritas atau tanggal jatuh tempo, dan lakukan secara konsisten.

Pilihan makanan

Santap makanan yang bergizi walaupun sedang menjalankan program diet.
Pilihan makanan/freepik.com

Jadwal makan yang baik adalah makan tiga kali sehari dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Walaupun sedang menjalankan program diet sekalipun, pastikan makanan yang masuk ke tubuh adalah santapan bergizi. Ada satu kebiasaan yang membuat hari jadi tidak produktif, yaitu menyantap makan siang dengan porsi banyak sehingga membuat mudah ngantuk. Cobalah untuk atur porsi makanan, nikmati cemilan sehat seperti buah, dan tetap terhidrasi dengan air.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id