sign up SIGN UP

LIFE

Hindari, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Baterai Laptop Cepat Bocor

Izzul Millati Umami | Rabu, 07 Apr 2021 22:00 WIB
Hindari, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Baterai Laptop Cepat Bocor
caption

“Kok baterai laptop sering banget cepet abis, ya? Padahal kan baru beli 1-2 tahun aja?”

Apakah laptop punya Ladies mengalami kondisi yang seperti ini? Baru pakai untuk beberapa tahun namun baterainya sudah ada kendala? Wah, bisa jadi cara pakai laptopnya salah, nih. Padahal, normalnya umur baterai laptop adalah 3-5 tahun. Kebocoran baterai sebelum umur 3 tahun membuat Ladies harus banget bergantung pada colokan.

Well, Ini nih  5 alasan kenapa baterai laptop Ladies cepet banget rusak. 

1. Membiarkan charge laptop nyambung terus-terusan

charge laptop
charge laptop/sumber:pexels.com

Kebiasaan salah kaprah yang sering banget dilakukan banyak orang adalah membiarkan laptop tercharge terus-terusan tanpa dicabut. Padahal, ini membuat komponen baterai cepat rusak. Baterai akan kebingungan dan kelelahan karena dipaksa menyimpan daya terus-terusan. Sebaiknya, segera lepas adaptor saat baterai sudah terisi penuh. 

2. Hindari menggunakan laptop saat dicharge

menggunakan laptop
menggunakan laptop/sumber:pexels.com

Kalau lagi nggak urgent-urgent banget, jangan gunakan laptop sambil dicharge, ya. Kalau cuman buat buka aplikasi sederhana macam dokumen sih nggak masalah. Namun, hindari membuka aplikasi berat semacam game dan software editing. Kalau kamu paksa, laptop akan kebingungan karena daya keluar masuknya yang terlalu besar dan sering. Inilah yang menyebabkan baterai laptop cepat bocor. 

3. Membiarkan laptop tetap menyala saat tidur

laptop menyala
laptop menyala/sumber:pexels.com

Kesalahan lain yang sering dilakukan banyak orang terhadap baterainya adalah membiarkan laptop menyala bahkan saat sedang tidur. Padahal, hal ini berbahaya banget. Selama Ladies tidur, ada kemungkinan baterai laptop habis dan tiba-tiba monitor mati. Kalau kebiasaan ini diteruskan, umur baterai akan makin pendek. 

4. Menggunakan laptop di tempat yang lembab

laptop lembab
laptop lembab/sumber:pexels.com

Wah, siapa yang masih sering mengerjakan tugas di atas kasur? Hm, hindari banget nih menggunakan laptop di tempat yang sangat lembab. Jangan taruh laptop di atas kasur! Kalau kamu paksakan, mesin laptop akan mengunci udara panas sehingga baterai makin rusak. 

5. Melepas baterai laptop secara paksa saat laptop menyala

Pernah nggak sih kamu melepas baterai laptop secara paksa saat laptop masih menyala? Wah, hindari hal ini, ya. Kalau kamu mau lepas baterai laptop, matikan terlebih dahulu mesinnya. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id