sign up SIGN UP

LIFE

Ingin Cepat Keluar dari Quater Life Crisis? Ikuti 4 Cara Ini

Jovita | Senin, 27 Jul 2020 09:00 WIB
Ingin Cepat Keluar dari Quater Life Crisis? Ikuti 4 Cara Ini
caption

Kurang realistisnya impian seseorang seringkali akan dihadapkan dengan realita pahit dalam kehidupan. Ketika realita tidak berjalan sesuai impian, maka lahirlah kekecewaan.

Tak jarang, seseorang akan merasakan kehilangan arah dan tidak tahu harus berbuat apa. Hal ini kemudian dikenal dengan istilah quarter life crisis, yang biasa terjadi pada usia 20-30-an. Lantas, bagaimana cara cepat keluar dari quarter life crisis?

1. Terima kondisimu

Menerima Kondisi Saat Ini/ Foto: Pixabay.com
Menerima Kondisi Saat Ini/ Foto: Pixabay.com

Cara cepat untuk keluar dari quarter life crisis adalah dengan menerima kondisimu saat ini, atau dengan kata lain, belajar untuk ikhlas. Apapun yang sedang terjadi dan yang dirasakan, terimalah sebagaimana adanya.


Hal yang harus kamu ingat adalah jangan pernah menyangkal diri dan lari dari masalah, apalagi sampai berpura-pura kuat. Terimalah fakta bahwa sekarang ini kamu memang sedang mengalami krisis dalam hidupmu.

Lihat hal ini sebagai suatu proses alami yang memang perlu kamu lalui. Dan ingat, tidak ada yang permanen di dunia ini, begitu juga dengan kekecewaan, kesedihan, dan kebingungan yang kamu rasakan sekarang.

Sikap yang terus menyangkal dan memberontak hanya akan menimbulkan perasaan marah di dalam diri dan memperburuk kondisi hidupmu. Ikhlas bukan berarti menyerah pada keadaan, namun adalah cara berdamai dengan diri sendiri. Dengan begini, kamu akan mampu bangkit dari krisis hidup dengan lebih cepat.

2. Kenali dirimu yang baru

Mengenali Diri yang Baru/ Foto: Pixabay.com
Mengenali Diri yang Baru/ Foto: Pixabay.com

Jika kamu sudah ikhlas menerima keadaan yang terjadi, maka saatnya belajar untuk mengenali diri yang baru. Hal ini merupakan cara cepat keluar dari quarter life crisis yang bisa Beautynesian terapkan.

Kamu yang sebelum mengalami krisis hidup, dengan yang sudah mengalami, adalah dua orang yang berbeda. Mungkin kamu yang sekarang jadi lebih pikir panjang saat mengambil keputusan, atau malah jadi lebih mudah ragu. Tapi ini bukan masalah, asalkan kamu bisa mengerti diri sendiri dengan sepenuhnya.

Carilah informasi tentang dirimu sebanyak-banyaknya. Bisa dengan menuliskan hal-hal yang dirasakan dan pikirkan, bisa juga dengan menanyakan bagaimana dirimu yang sekarang pada teman atau keluarga.

Semakin banyak informasi yang didapatkan, maka semakin terbuka pula pikiran. Ingat, kamu tidak sendirian. Banyak orang di luar sana yang juga mengalami apa yang kamu alami.

Banyak dari mereka yang harus belajar dari awal, termasuk belajar mengenali diri sendiri lagi. Cara ini akan membuatmu semakin paham langkah apa saja yang harus kamu ambil untuk keluar dari krisis hidup yang ada.

3. Rancang kembali hidup dan tetapkan tujuan yang baru

Merancang Tujuan Baru/ Foto: Pixabay.com
Merancang Tujuan Baru/ Foto: Pixabay.com

Hidup adalah pilihan. Karenanya, apapun masalah yang dihadapi, hanya kamu yang bisa mengatasinya.

Apapun yang terjadi, hanya kamu yang bisa menentukan langkah selanjutnya. Ingin terus bergelut dengan dilema atau justru merancang tujuan baru adalah pilihanmu.

Jika kamu benar-benar ingin keluar dari krisis hidup, maka segera bangkit dan rencanakan kembali hidup yang baru. Kamu sudah berhasil ikhlas dan menerima keterpurukan yang dialami, kamu pun sudah mengenal diri yang baru, maka sekarang saatnya melangkah lagi mencapai tujuan yang baru.

Tuangkan semua pelajaran berharga dari hal yang sebelumnya dialami menjadi sebuah rencana hidup yang lebih realistis dan matang. Semoga berhasil ya, Beautynesian!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id