sign up SIGN UP

Ingin Memadukan Barang Antik di Rumah Modern? Coba Ikuti Cara Ini!

Astari Dewi Larasati | Selasa, 02 Feb 2021 11:15 WIB
Ingin Memadukan Barang Antik di Rumah Modern? Coba Ikuti Cara Ini!
caption

Saat ini banyak rumah bergaya modern yang mulai menjamur, namun untuk interior dalam rumah masih bisa disesuaikan selera. Salah satunya, tema antik yang terkesan vintage dan tidak ketinggalan zaman. Masih banyak orang menyukai barang antik dan mencoba memadukannya dalam rumah modern.

Namun, hal ini tidak bisa sembarangan dilakukan, karena akan merusak perpaduan serta desain tidak berkesinambungan. Jika Beautynesian berminat untuk menghias rumah menggunakan barang antik dalam rumah modern, bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

Pilih perabotan yang menjadi titik fokus

Desain akan lebih mudah dipadukan jika memakai barang antik berjumlah sedikit.
Instagram.com/dumais_inc

Desain akan lebih mudah dipadukan jika memakai barang antik berjumlah sedikit. Barang antik dapat menghadirkan minat visual, kehangatan, dan warisan dalam rumah. Pertimbangkan untuk meletakkan furniture sedikit saja agar dijadikan titik fokus. Semakin sederhana akan bagus untuk menyeimbangkan barang antik yang indah. Misalnya meja antik akan memberikan kesan lebih modern sekaligus mewah.

Hadirkan barang atau aksen kecil

Berfungsi sebagai aksesoris yang menyatukan ruangan.
Instagram.com/mikelwelch

Daripada meletakan perabotan yang besar dan berlebihan, coba pilih barang antik lebih kecil. Misalnya cermin, kursi, meja, hingga gelas, sehingga berfungsi sebagai aksesoris yang menyatukan ruangan. Bisa juga memilih karya seni vintage yang bagus untuk memperkenalkan barang antik dalam rumah modern. Selain itu, lebih mudah dipadukan dengan barang lain.

Hidupkan furniture lama dengan aksesoris trendy

Pastikan perabot yang lebih tua tidak diletakkan sendirian.
Instagram.com/oliviastutzdesign

Cara selanjutnya untuk membuat perabot antik terasa lebih modern adalah hidupkan furniture lama dengan aksesoris trendy. Kalian tidak akan pernah salah jika memilih vas warna putih, kuning bahkan detail warna kecil.

Selain itu, gunakan item dekorasi kontemporer dan tekstil pelengkap yang mempercantik daripada mengurangi barang antik. Pastikan perabot yang lebih tua tidak diletakkan sendirian.

Padukan dengan permadani modern

Permadani modern berfungsi untuk mengimbangi barang antik di sebuah ruang.
Instagram.com/oliviastutzdesign

Permadani modern berfungsi untuk mengimbangi barang antik di sebuah ruang. Seperti karpet kustom modern yang hampir futuristik. Pertimbangkan pemilihan warna, bahan karpet, dan tempat meletakkannya. 

Padukan dengan lapisan kayu

Mencampur berbagai jenis kayu dan lengkapi sentuhan akhir akan membantu ruangan terasa unik.
Instagram.com/dumais_inc

Saat memadukan berbagai potongan kayu, hindari lapisan yang sama dalam satu ruangan. Padukan berbagai jenis kayu dan lengkapi sentuhan akhir seperti logam akan membantu ruangan terasa unik. Potongan kayu akan memberi warna, tekstur, dan kehangatan yang menentukan suasana ruangan.

Ganti perangkat keras dan penutup lampu

Ada dua cara yaitu mengubah perangkat keras dan kap lampu.
Instagram.com/alexanderdohertydesign

Perubahan perangkat keras akan membantu dalam memperbarui dan memadukan barang antik. Coba ganti dengan warna hitam matte atau matte brass untuk memberi sentuhan modern yang khas. Jangan lupa memastikan perangkat keras sesuai dengan garis potongan. Selain itu, ada cara lain yaitu mengubah kap lampu menjadi lebih netral dan modern untuk menonjolkan item vintage dalam ruangan.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id