sign up SIGN UP

LIFE

Jang Hansol: Kenali Indonesiamu, Maksimalkan Potensi Dirimu

Anastasia Martina | Sabtu, 21 Nov 2020 10:00 WIB
Jang Hansol: Kenali Indonesiamu, Maksimalkan Potensi Dirimu
d'Youthizen Virtual Class/photo by detik.com/dyouthizen/Jang Hansol
Jakarta -

d’Youthizen Virtual Class telah diselenggarakan pada 16 November 2020. d'Youthizen Virtual Class hari ke-2 menghadirkan dosen tamu yang tak kalah menarik dari hari pertama. Dosen tamu tersebut antara lain, Risa Rismayanti, product manager Vivo Indonesia dan Jang Hansol, content creator Korea Reomit. Selain dengan kehadiran dosen tamu yang keren, virtual class hari ke-2 juga dimeriahkan oleh penampilan musisi Rheno Poetiray.

Salah satu dosen tamu yang turut mengisi mata kuliah di d’Youthizen Virtual Class adalah Jang Hansol dengan tema Memaksimalkan Potensi Diri. Dipandu oleh presenter Shafira Umm selaku dosen pembimbing, Jang Hansol menceritakan awal mula Hansol membangun channel youtubenya dan kiat-kiat untuk memaksimalkan potensi diri.

Hansol menceritakan bahwa awal mula ia membangun channel youtube karena untuk melamar pekerjaan. Kemudian, saat ia berkuliah di Singapura, ia kerap mendapat pertanyaan dari teman-temannya soal budaya Korea. Juga, ia mengamati youtuber Korea berbahasa Indonesia yang lebih dulu populer seperti Han Yoora dan Sunny Dahye. Di sinilah, Jang Hansol menerapkan sistem "ATM" atau Amati, Tiru, dan Modifikasi untuk memulai channel youtubenya.

Jang Hansol
d'Youthizen Virtual class/sumber foto:detik.com/dyouthizen/Jang Hansol

Kemudian, menurut Hansol, cara yang tepat untuk memaksimalkan potensi diri adalah dengan mengindonesiakan diri kita. Menurutnya, itu bisa dimulai dari hal sederhana, yaitu dengan mempelajari seluk beluk daerah di mana kita tinggal.

"Kalau kita mau mencari tahu soal Indonesia, pasti potensi Indonesia juga bakal tinggi banget," ujarnya.

Berdasarkan pengalaman Jang Hansol mengunjungi beberapa wilayah Indonesia, seperti Aceh, Bali, dan Lamalera, ia mengaku bahwa masih banyak sekali kekayaan Indonesia yang belum dipelajari dan belum diketahui spesialnya kekayaan budaya tersebut.

Jang Hansol
d'Youthizen Virtual Class/sumber foto:detik.com/dyouthizen/Jang Hansol

Menurut Hansol, kita cukup beruntung karena terberkati oleh potensi Indonesia yang sangat besar. Dengan mengetahui seluk-beluk budaya daerah kita, maka akan meningkatkan potensi diri sekaligus potensi daerah kita.

Content creator yang satu ini juga menceritakan budaya Indonesia yang disukai oleh masayarakat Korea, seperti ramah senyum, sabar menghargai proses, lebih santai, dan sebagainya.

Jang Hansol
d'Youthizen Virtual Class/sumber foto: detik.com/dyouthizen/Jang Hansol

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada bolo-bolo, yaitu fansnya yang telah mendukung Jang Hansol hingga saat ini dan membukakan banyak kesempatan bagi Hansol.

Sebagai penutup, Jang Hansol mengajak para peserta d'Youthizen Virtual Class untuk berani mencoba hal baru, memberikan upaya terbaik serta memperhatikan ide unik dan aneh yang bisa menjadi potensi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id