sign up SIGN UP

LIFE

Jenis Tanaman yang Cocok di Dalam Ruangan, Bikin Rumah Makin Cantik & Estetik!

Shinta Nikmah | Sabtu, 20 Mar 2021 15:00 WIB
Jenis Tanaman yang Cocok di Dalam Ruangan, Bikin Rumah Makin Cantik & Estetik!
caption

Pandemi memaksa banyak orang untuk melakukan sebagian besar aktivitas di rumah, termasuk bekerja dan belajar. Agar tidak terlalu bosan di rumah, banyak orang mencoba hobi baru ketika di rumah, termasuk menanam tanaman hias. Selain bisa dilakukan di sekitar rumah, menanam tanaman hias juga bermanfaat untuk menghilangkan stres.

Jika kamu tertarik untuk menekuni hobi ini, kamu perlu menambah wawasan mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias. Nah, untuk menambah referensi, Beautynesia punya rekomendasi tanaman yang bisa kamu letakkan di dalam ruangan. Selain menambah nilai estetik suatu ruangan, ternyata tanaman-tanaman tersebut memiliki beberapa manfaat lho. Kira-kira apa saja ya?

Kaktus

Kaktus
Kaktus Tidak Membutuhkan Banyak Air/ Foto: freepik.com

Kaktus merupakan tanaman berjenis xerofit yang artinya mudah beradaptasi di area yang kering. Kaktus dikenal sebagai tanaman yang perawatannya mudah karena tidak perlu sering-sering disiram. 

Selain berfungsi sebagai pemanis ruangan, kaktus juga berfungsi untuk membersihkan udara dalam ruangan. Kaktus memiliki kemampuan untuk menyerap CO2 dan menghasilkan oksigen sehingga udara dalam ruangan lebih bersih. Namun kamu perlu berhati-hati meletakkan tanaman ini ya, sebab durinya bisa saja membahayakan.

Lidah Buaya

aloe vera
Lidah Buaya dalam Ruangan/ Foto: pinterest.com/buzzfeed.com

Tanaman lidah buaya juga cocok ditaruh di dalam ruangan. Memiliki fungsi sebagai filter polutan dalam ruangan, lidah buaya mampu memurnikan udara dalam ruangan. Selain itu, meletakkan tanaman lidah buaya di dalam ruangan juga bisa meredakan stres.

Jika kamu memutuskan untuk meletakkan tanaman lidah buaya dalam ruangan, maka kamu harus memastikan agar tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari. Jangan lupa untuk menyiram tanaman ini sehari sekali ya.

Lidah Mertua

lidah mertua
Sansivera untuk Ruangan/ Foto: freepik.com

Memiliki nama yang unik, lidah mertua atau sansivera merupakan salah satu jenis tanaman yang sering diletakkan dalam ruangan. Selain sebagai dekorasi, tanaman lidah mertua juga berfungsi menyerap racun dan karbondioksida di ruangan dan melepaskan oksigen di malam hari. Dengan kemampuannya tersebut, tanaman lidah mertua bermanfaat untuk menjaga sirkulasi udara tetap bersih dan sehat.

Lavender

lavender
Lavender Berfungsi untuk Mengusir Nyamuk/ Foto: freepik.com

Lavender banyak dipilih untuk menghiasi ruangan sebab tanaman ini memiliki banyak manfaat. Manfaat meletakkan tanaman lavender dalam ruangan antara lain sebagai aromaterapi, pengharum alami ruangan, memberi efek relaksasi, dan manfaat yang paling populer adalah sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Tanaman lavender  mengeluarkan aroma yang mengandung linalool dan linalyl asetat yang tidak disukai oleh nyamuk. Jadi selain mempercantik ruangan, kamu bisa mengusir nyamuk secara alami dengan meletakkan lavender di dalam kamar.

Palem

palem
Palem Untuk Dekorasi Ruangan/ Foto: pinterest.com/thespruce.com

Palem merupakan jenis tanaman yang sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Beberapa jenis palem memiliki bentuk dan ketinggian yang cocok untuk menghiasi ruangan. Beberapa jenis palem yang sering digunakan sebagai dekorasi ruangan antara lain palem bambu, palem kuning, dan palem kipas. 

Tanaman palem yang diletakkan di ruangan bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap bersih. Palem mampu menyerap racun dan CO2 dalam udara serta menghasilkan oksigen sehingga udara di dalam ruangan menjadi lebih segar.

[Gambas:Instagram]

Monstera

monstera
Salah Satu Jenis Monstera/ Foto: pinterest.com/decoruma.com

Tanaman monstera cocok diletakkan di dalam ruangan. Selain memiliki perawatan yang mudah, tanaman ini tidak membutuhkan banyak cahaya. Bahkan tanaman ini akan tumbuh subur di area yang cukup gelap dan tidak terlalu banyak menerima cahaya matahari.

Memiliki daun yang lebar, monstera mampu menangkap debu dalam ruangan dan menghasilkan banyak oksigen. Monstera juga memberikan kelembaban pada ruangan sehingga ruangan akan terasa lebih sejuk.

Sirih Gading

sirih gading
Tanaman Sirih Gading Dalam Pot Gantung/ Foto: pinterest.com/lightandladder.com

Sirih gading merupakan tanaman hias yang mudah untuk dikembangbiakkan. Banyak penggemar tanaman hias yang menggantung pot berisi sirih gading sebab tanaman ini tumbuh menjulur. 

Selain memperindah interior ruangan, tanaman sirih gading juga memiliki beberapa manfaat seperti menyerap racun dalam udara, menghasilkan oksigen sehingga membantu pernafasan lebih lega, memberikan efek relaksasi, dan mengatur sirkulasi udara dalam ruangan. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id