sign up SIGN UP

LIFE

Jika Tak Hati-hati, Media Sosial Bisa Hancurkan Hidupmu Ladies

Jovita | Selasa, 14 Jul 2020 14:00 WIB
Jika Tak Hati-hati, Media Sosial Bisa Hancurkan Hidupmu Ladies
caption

Keberadaan media sosial seperti pisau bermata dua yang memiliki dampak positif dan negatif yang begitu besar. Media sosial bisa menjadi sarana komunikasi untuk menghubungkan kembali teman-teman lama dengan mudah, dan juga bisa menjadi sarana pemasaran suatu produk atau sumber informasi yang cepat dan masif.

Namun di sisi lain, media sosial juga bisa menjadi bumerang. Banyak kejahatan siber yang dilakukan dari dan melalui media sosial. Bisa juga menjauhkan yang dekat, bahkan bisa menghancurkan hidup seseorang.

Semua sebenarnya tergantung pada cara Beautynesian menggunakan media sosial. Gunakanlah media sosial dengan bijak. Jika tidak, alat ini bisa hancurkan hidupmu secara perlahan. Berikut alasannya!


1. Terlalu banyak berbagi kehidupan pribadi melalui media sosial

Unggah Foto di Media Social/ Foto: pixabay.com
Unggah Foto di Media Social/ Foto: pixabay.com

Alasan media sosial bisa menghancurkan hidup secara perlahan adalah karena melalui media ini, kamu jadi berlebihan berbagi kehidupan pribadi kepada orang lain. Dengan mengunggah foto atau video secara terus menerus di media sosial, kamu secara tidak langsung sudah menggiring orang lain untuk beropini dan mengomentari dirimu.

Tentunya opini dan komentar seseorang tidak selalu baik, ada kalanya orang lain mengeluarkan kata-kata jahat tentang yang akan terus melekat dalam ingatan, meskipun ia telah menghapusnya. Kata-kata tersebut tentu bisa menghancurkan hidupmu secara perlahan. Bahkan jika tidak mampu menyaring komentar yang masuk, kesehatan mentalmu bisa-bisa jadi terganggu. Jadi, bijaklah dalam berbagi cerita di media sosial.

2. Tidak memiliki privasi

Informasi Pribadi di Media Sosial/ Foto: pixabay.com
Informasi Pribadi di Media Sosial/ Foto: pixabay.com

Tidak memiliki privasi menjadi alasan media sosial bisa menghancurkan hidup secara perlahan. Seperti yang diketahui, banyak kejahatan siber yang bermula dari media sosial. Melalui media sosial, orang lain dapat melacak nama, nomor ponsel, hingga alamat rumahmu dengan mudah. Mereka juga bisa melacak hubunganmu dengan orang-orang terdekat, seperti kekasih, keluarga, hingga teman. Dari informasi dan data tersebutlah, seseorang bisa menggunakannya untuk kejahatan, contohnya penipuan, penculikan, hingga pembunuhan.

3. Membuat kecanduan

Cek Media Sosial Saat Bangun Tidur/ Foto: pixabay.com
Cek Media Sosial Saat Bangun Tidur/ Foto: pixabay.com

Hal terakhir yang menjadi alasan media sosial bisa menghancurkan hidup secara perlahan adalah karena sifatnya yang bisa membuat pengguna menjadi kecanduan. Diakui atau tidak, banyak orang yang saat ini sudah mengalami kecanduan bermedia sosial. Dari bangun hingga tidur, yang pertama dicek adalah media baru ini.

Tak jarang, kamu tetap asyik dengan media sosial, meskipun sedang berada bersama sahabat, kekasih, bahkan keluarga. Akibatnya, komunikasi secara langsung dengan orang-orang terdekat pun menjadi berkurang. Lambat laun, media tersebut akan merenggangkan dan menjauhkanmu dari orang terdekat.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id