sign up SIGN UP

LIFE

Kamu Susah Bangun Sahur? Yuk, Terapkan 7 Tips Mudah Ini!

Anastasia Martina | Sabtu, 01 May 2021 13:00 WIB
Kamu Susah Bangun Sahur? Yuk, Terapkan 7 Tips Mudah Ini!
caption

Momen sahur menjadi momen yang penting untuk mengisi tubuh dengan asupan makanan agar tubuh kuat menjalani puasa selama sehari penuh. Namun, bangun sebelum subuh untuk sahur merupakan tantangan yang cukup berat bagi orang yang berpuasa. Mungkin kamu memiliki kesulitan untuk bangun sebelum subuh sehingga tidak sempat makan sahur. Akibatnya, tubuh pun terasa lemas dan produktivitas pun berkurang.

Jika kamu kebetulan mengalami masalah yang sama, coba deh praktekin 7 tips mudah berikut ini biar kamu nggak bangun terlambat dan bisa menikmati makan sahur!

Tidur lebih awal

tidur lebih awal
tidur lebih awal/photo by kinga cichewicz on unsplash

Tidur lebih awal terlihat seperti nasihat yang mudah dilakukan namun banyak juga yang sering mengabaikan nasihat ini. Dengan tidur lebih awal, kamu bisa bangun sahur dengan kondisi tubuh yang segar. Kurangi juga kebiasaan begadang agar tubuh kamu memiliki cukup waktu untuk beristirahat dan jam tidurmu pun terjaga.

Hindari bermain gadget sebelum tidur

hindari bermain gadget sebelum tidur
hindari bermain gadget sebelum tidur/photo by plann on unsplash

Siapa nih yang punya kebiasaan stalking media sosial sebelum tidur? Yuk, mulai sekarang coba kurangi kebiasaan tersebut agar bisa bangun tidur lebih cepat untuk melaksanakan sahur. Oh ya, sinar biru yang terdapat dalam gawai juga bisa menekan produksi melatonin, lho sehingga rasa kantuk lebih lambat munculnya.

Dengan menonaktifkan gadget setidaknya 1 jam sebelum tidur, kamu akan terhindar dari beragam distraksi yang muncul dari media sosial dan efek sinar biru yang mempengaruhi kualitas tidurmu.

Pasang alarm dan letakkan alarm tersebut jauh dari tempat tidur

letakkan alarm jauh dari tempat tidur
letakkan alarm jauh dari tempat tidur/photo by amanda jones on unsplash

Agar bisa bangun cepat untuk sahur, jam weker bisa jadi alat yang tepat untuk membangunkanmu. Atau kamu juga bisa gunakan ponselmu sebagai alarm. Namun, letakkanlah alarm tersebut jauh dari tempat tidur agar kamu terdorong untuk segera bangun mematikan alarm tersebut dan tidak tergoda untuk memencet tombol snooze.

Rutin berolahraga

rutin berolahraga
rutin berolahraga/photo by andrew tanglao on unsplash

Tahukah kamu bahwa saat berpuasa kamu juga bisa tetap berolahraga? Bisa, tapi sebaiknya pilih jam yang tepat untuk berolahraga. Beberapa menit sebelum berbuka merupakan momen yang tepat untuk berolahraga karena setelah itu kamu dapat langsung melepas dahaga.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari rutin berolahraga, salah satunya adalah meningkatkan kualitas tidur. Dilansir dari website WebMd, berolahraga dapat memperbaiki kualitas tidur dan membuat tubuh lebih bersemangat di siang hari. Yuk, mulai olahraga dari sekarang!

Mengatur asupan buka puasa dengan cermat

mengatur asupan buka puasa dengan cermat
mengatur asupan buka puasa dengan cermat/photo by stefan vladimirov on unsplash

Saat berbuka puasa menjadi momen yang paling dinanti untuk melepas dahaga dan menikmati sejumlah hidangan lezat yang disajikan. Namun, sebaiknya kamu menyesuaikan porsi makanan berbuka puasamu agar tubuh tidak terlalu kenyang. Jika terlalu kenyang, maka kamu akan cenderung tidur lebih lama sehingga melewatkan makan sahur.

Konsumsilah makanan yang bergizi seimbang dan berikan waktu 2 hingga 3 jam setelah makan agar makanan tercerna dengan baik dan istirahatmu jadi nyaman.

Kurangi konsumsi kopi

kurangi konsumsi kopi
kurangi konsumsi kopi/photo by ben libby on unsplash

Saat bulan puasa, coba hindari minuman berkafein sebelum tidur, seperti kopi atau teh agar tidak mengganggu jadwal tidurmu karena kafein memiliki efek samping, yaitu memblokir adenosin, sebuah hormon yang memicu kantuk, serta membuat tubuh kita terjaga.

Ciptakan kegiatan seru untuk memeriahkan sahur

ciptakan kegiatan seru untuk memeriahkan sahur
ciptakan kegiatan seru untuk memeriahkan sahur/britishcouncil.org

Biar kamu lebih bersemangat untuk bangun sahur, coba ciptakan kegiatan seru bersama keluarga agar sahur terasa lebih menyenangkan, seperti menyiapkan makanan sahur bersama atau menonton acara komedi sahur di TV. Menikmati makan sahur sambil bercerita satu sama lain juga akan membuat suasana sahur semakin hangat.

Dengan begitu, kita akan bersemangat untuk bangun lebih karena ada kegiatan seru yang dinanti-nantikan dan hubungan dengan keluarga pun jadi semakin erat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id