sign up SIGN UP

Kebijakan Pemerintah Izinkan Konser Kembali Digelar Tuai Pro dan Kontra, Ini Komentar Mereka

Zeyra Haya | Jumat, 01 Oct 2021 06:15 WIB
Kebijakan Pemerintah Izinkan Konser Kembali Digelar Tuai Pro dan Kontra, Ini Komentar Mereka
caption

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah membisukan berbagai sektor kehidupan. Hampir satu tahun lamanya kondisi pandemi memaksa pemerintah untuk melarang diselenggarakannya acara besar.

Namun seiring dengan telah berangsur membaiknya keadaan, pemerintah kembali memberikan izin bagi masyarakat untuk melaksanakan acara dengan skala besar seperti konferensi, pameran dagang, acara olahraga, konser musik, serta acara pernikahan besar.

Pemerintah izinkan acara konser kembali diselenggarakan di Indonesia/Foto: pexels.com/Rahul Pandit
(Pemerintah izinkan acara konser kembali diselenggarakan di Indonesia/Foto: pexels.com/Rahul Pandit)

Kebijakan perizinan konser musik selama pandemi diberikan pemerintah setelah melalui banyak pertimbangan dan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kebijakan tersebut diambil usai mempertimbangkan keperluan wadah aktivitas bagi masyarakat agar dapat tetap produktif namun tetap aman dari paparan virus.

Diketahui sebelumnya, Korea Selatan menjadi negara pertama yang memberikan kelonggaran bagi pagi penyelenggaraan konser musik.

Begini Beberapa Tanggapan Tokoh Masyarakat Terkait Kebijakan Izin Konser Musik di Indonesia

Kebijakan pemerintah memberi izin konser musik dan pesta besar ini kemudian menjadi pembahasan yang ramai diperbincangkan publik. Banyak yang memberikan respon positif terhadap kebijakan ini namun ada pula yang tidak menyetujui kebijakan tersebut.

Armand Maulana selaku musisi akui senang dengar kabar perizinan konser di Indonesia/Foto: instagram.com/armandmaulana04
(Armand Maulana selaku musisi akui senang dengar kabar perizinan konser di Indonesia/Foto: instagram.com/armandmaulana04)

Armand Maulana selaku musisi Indonesia memberikan tanggapan positif terkait kebijakan perizinan konser musik selama pandemi. Bagai mendapat angin segar, vokalis grup band Gigi ini mengaku sangat senang jika pemerintah kembali mengizinkan acara konser.

"Konon pemerintah akan membolehkan lagi izin musik berskala besar.. In Syaa Allah Amiin...seneng bgt sih kalo itu bisa terjadi lg," ujar sang vokalis dalam satu postingannya di Instagram.

Tanggapan Armand Maulana kemudian banyak mendapat dukungan dari para netizen. Banyak dari mereka yang mengatakan turut senang dan tak sabar menunggu Armand dan Band nya kembali manggung.

Kebijakan perizinan konser musik tuai pro dan kontra/Foto: pexels.com/Wendy Wei
(Kebijakan perizinan konser musik tuai pro dan kontra/Foto: pexels.com/Wendy Wei)

Sementara Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Sufmi Dasco Ahmad menanggapi kebijakan tersebut dengan meminta pemerintah melakukan kembali kajian lebih mendalam sebelum benar-benar mengizinkan penyelenggaraan konser musik ataupun acara berskala besar lainnya.

"Sebenarnya itu bagus untuk menggerakkan roda perekonomian di masyarakat. Namun saya pikir pemerintah perlu membuat kajian mendalam tentang rencana berskala besar tersebut," ungkap Dasco pada Kompleks Parlemen, Senin (27/9).

Ia turut memberi masukan agar pemerintah harus mempersiapkan sanksi ketat bagi pelanggar ketentuan yang telah diberlakukan. Baik itu dari pihak penyelenggara maupun peserta acara.

Perizinan telah dikaji secara matang, Siapkah Indonesia kembali gelar acara festival konser?/Foto: pexels.com/Wendy Wei
(Perizinan telah dikaji secara matang, Siapkah Indonesia kembali gelar acara festival konser?/Foto: pexels.com/Wendy Wei)

Juru bicara pemerintah penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito sendiri mengatakan, jika pemerintah akan kembali membuka jika kondisi kasus telah aman dan adanya komitmen bersama yang dilakukan.

"Kembali kami tegaskan, pemerintah baru akan memberikan izin pembukaan sektor jika kondisi kasus di sekitar daerah penyelenggara acara terkendali dan telah adanya komitmen serta persiapan yang matang sebelum kegiatan beroperasi kembali," katanya.

Wiku mengatakan, kebijakan tersebut akan berjalan di bawah pengawasan tim satgas guna memantau kepatuhan protokol kesehatan selama acara berlangsung.

"Rincian tiap-tiap jenis sudah ditetapkan di instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 43 untuk wilayah Jawa-Bali dan nomor 44 tahun 2021 untuk wilayah non-Jawa-Bali. Di dalamnya telah diatur pengaturan kapasitas tata kelola kegiatan maupun tambahan aturan lainnya," tambahnya.

Melansir dari CNBC Indonesia, pemerintah telah membuat pedoman penyelenggaraan kegiatan besar selama kondisi pandemi. Pemerintah juga terus mengupayakan sosialisasi kebijakan tersebut secara masif agar masyarakat dapat mengetahui betul perkembangan kebijakan yang telah berlaku.

Beauties, itulah beberapa informasi dan tanggapan para tokoh masyarakat terkait kebijakan perizinan konser musik selama pandemi di Indonesia. Bagaimana tanggapanmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id