sign up SIGN UP

LIFE

Kiprah CT ARSA Foundation, 15 Tahun Mengabdi Untuk Indonesia

Dyah Na | Kamis, 19 Nov 2020 19:08 WIB
Kiprah CT ARSA Foundation, 15 Tahun Mengabdi Untuk Indonesia
caption

Ladies, apa kamu pernah mendengar CT ARSA Foundation? CT ARSA Foundation adalah yayasan sosial non profit yang didirikan oleh Chairul Tanjung dan Anita Ratnasari Tanjung sejak 2005. Nama CT ARSA merupakan singkatan dari nama kedua founder ini. 

CT ARSA Foundation punya visi besar, yakni memutus mata rantai kemiskinan dengan pendidikan berkualitas dan kesehatan yang optimal.

Perjalanan CT ARSA Foundation dimulai saat bencana tsunami Aceh. Saat itu, CT ARSA Foundation membangun Rumah Anak Madani di Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara. 

Pada tahun 2010, Rumah Anak Madani berkembang menjadi SMA Unggulan CT Foundation di Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara. 

Lalu di tahun 2018, beroperasi sekolah kedua, yakni SMA Unggulan CT ARSA Foundation di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kedua sekolah ini berbiaya gratis, diperuntukkan bagi anak-anak berprestasi namun berasal dari keluarga tidak mampu.

Bukan hanya itu saja upaya CT ARSA Foundation memberi pendidikan berkualitas di seluruh pelosok negeri. CT ARSA Foundation juga menjangkau sekolah di pedalaman Timur Indonesia, perbatasan Indonesia dan Timor Leste, Sulawesi, Sumatera, hingga pedalaman wilayah Papua.

Kiprah CT ARSA Foundation, 15 Tahun Mengabdi Untuk IndonesiaKiprah CT ARSA Foundation, 15 Tahun Mengabdi Untuk Indonesia

Selama berkiprah hingga 15 tahun ini, CT ARSA Foundation bersama fasilitas mobil bakti sosial juga terus berupaya mendekatkan diri kepada anak-anak tidak mampu untuk memberi pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis dan menyenangkan.

  • Mobil Sehat hadir sebagai wujud kepedulian dalam memberi pelayanan kesehatan gigi dan mulut gratis.
  • Mobil Pintar hadir ke berbagai wilayah untuk memberi pendidikan budi pekerti dan budaya membaca sejak dini.
  • Mobil Multimedia memberikan pengalaman belajar mengenai ilmu teknologi dan sains
  • Mobil Iqro memberi pemahaman terhadap ilmu agama dan pembinaan akhlak lebih baik
  • Mobil Resque sebagai mobil pertolongan pertama saat evakuasi bencana alam
  • Mobil Dapur Keliling yang bertugas menyajikan makanan sehat kepada masyarakat tidak mampu

Dalam mewujudkan visi besarnya, CT Arsa Foundation membina relawan yang dikenal dengan Komunitas ARSA yang tersebar di 18 regional di seluruh Indonesia.

CT Arsa Foundation juga peduli terhadap pemberdayaan masyarakat dan membina perajin serta UMKM di Indonesia.

Bahkan CT ARSA Foundation juga berkontribusi saat bencana alam terjadi. Saat masa pandemi pun, CT ARSA Foundation menyalurkan puluhan ribu bantuan APD ke seluruh Indonesia.

Sebagai bentuk syukur di usia 15 tahun, CT ARSA Foundation memperkenalkan GEBRAG atau Gerakan Berbagi. Gerakan ini bertujuan menumbuhkan semangat rasa syukur, empati, simpati, peduli, serta toleransi bagi siapa pun yang bergabung, terutama millenial.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id