sign up SIGN UP

Mahasiswa Wajib Tahu, Ternyata Ini Rahasia Kiat Lulus Kuliah Tepat Waktu!

Anindya Milagsita | Selasa, 23 Nov 2021 06:00 WIB
Mahasiswa Wajib Tahu, Ternyata Ini Rahasia Kiat Lulus Kuliah Tepat Waktu!
caption

Menyelesaikan pendidikan di bangku perkuliahan sesuai waktu yang sudah ditentukan nggak jarang jadi impian para mahasiswa, Beauties. Hal ini karena ada sebagian dari mereka yang telah memiliki rencana pascalulus atau pun berbagai alasan lainnya yang membuat para mahasiswa ingin lulus kuliah tepat waktu.

Meskipun kuliah bukan ajang balapan siapa yang lulus duluan, tapi dengan memiliki rencana yang matang untuk lulus kuliah tepat waktu bisa memberikan kamu banyak keuntungan, lho. Penasaran ingin tahu gimana cara lulus tepat waktu buat kamu yang saat ini tengah menempuh jenjang kuliah? Simak rahasianya lewat artikel berikut, yuk!

Pelajari SKS Selama Kuliah

Memperhatikan SKS selama kuliah.
Sederet cara yang bisa dilakukan mahasiswa agar dapat lulus kuliah tepat waktu/freepik/freepik

Langkah pertama kali ini bisa kamu lakukan semenjak awal perkuliahan, lho. Mempelajari Satuan Kredit Semester (SKS) mata kuliah yang diambil bisa membantu kamu mengetahui gambaran materi apa yang dipelajari selama perkuliahan hingga merencakan kapan target  kamu lulus, Beauties.  

Melansir dari detikEdu, mahasiswa S1 biasanya mendapatkan 144-150 SKS selama kuliah 8 semester. Jumlah SKS ini tentunya berbeda di tiap jurusan. Kamu bisa mempelajari SKS dengan melihatnya di laman resmi kampus atau tanyakan pada petugas akademik. Beberapa kampus punya kebijakan yang membolehkan mahasiswanya mengambil SKS tambahan di tiap semesternya.

Nah, peluang inilah yang bisa kamu ambil untuk memaksimalkan pengambilan SKS agar target lulus kuliah bisa mulai direncakan dari sekarang.

Atur Waktu Sebaik Mungkin

Mengatur waktu sebaik mungkin.
Sederet cara yang bisa dilakukan mahasiswa agar dapat lulus kuliah tepat waktu/freepik/ijeab

Memiliki impian untuk bisa menyelesaikan studi kuliah tepat waktu tentu perlu kamu imbangi dengan pemahaman soal risiko yang nantinya harus dihadapi. Salah satunya adalah pentingnya memiliki manajemen waktu yang baik. Masih dikutip dari laman yang sama, manajemen waktu berperan penting dalam proses perkuliahan kamu, Beauties.

Terlebih bagi kamu yang memiliki aktivitas lain di luar kampus, seperti organisasi, membuka usaha, magang, ataupun bekerja. Kalau ingin mewujudkan harapan untuk bisa lulus dengan tepat waktu, pastikan kamu bisa mengatur waktu dengan baik antara memenuhi kewajiban kuliah dan aktivitas lain di luar kampus. Kalau diperlukan membuat rencana harian, mingguan, atau bahkan bulanan bisa dicoba untuk membantu kamu mengatur waktu dengan lebih baik. 

Komitmen untuk Selesaikan Kuliah

Komitmen untuk lulus kuliah.
Sederet cara yang bisa dilakukan mahasiswa agar dapat lulus kuliah tepat waktu/freepik/

Memiliki harapan untuk bisa lulus tepat waktu terkadang nggak berbanding lurus dengan kenyataan ya, Beauties. Ada saja hambatan ataupun kesulitan yang dialami mahasiswa saat ingin mewujudkannya. Tak jarang situasi ini bukan hanya datang dari luar, tapi justru dari dalam diri, lho.

Cara untuk bisa mengatasinya adalah dengan berkomitmen menyelesaikan kuliah sesegera mungkin. Saat kenyataan yang dihadapi mungkin nggak sesuai rencana, kamu harus tetap fokus dan mengingat kembali tujuan untuk berkuliah. Salah satunya adalah menyelesaikannya sampai akhir hingga kamu bisa lulus.

Jadikan Kuliah sebagai Prioritas

Jadikan kuliah sebagai sebuah prioritas.
Sederet cara yang bisa dilakukan mahasiswa agar dapat lulus kuliah tepat waktu/freepik/diana.grytsku

Masih punya keraguan bisa lulus kuliah tepat pada waktunya? Coba cara ini, Beauties! Menjadikan kuliah sebagai prioritas nggak jarang sulit untuk dilakukan. Terlebih bagi kamu yang memiliki segudang aktivitas di luar akademik atau bahkan sebagian di antaranya justru udah punya penghasilan lewat bekerja. Tapi berusaha fokus dan tetap berkomitmen untuk menjadikan kuliah sebagai prioritas justru bikin kamu meraih berbagai keuntungan di masa mendatang.

Seperti dilansir dari laman The University of New Orlans, mengurangi jam kerja di luar kepentingan akademik untuk lebih mengutamakan perkuliahan bisa membantu mahasiswa menyelesaikan kuliah lebih cepat. Nantinya imbalan atau pendapatan kamu sebagai lulusan perguruan tinggi pun dirasa akan lebih sepadan, kok!

Jangan Ragu Konsultasi dengan Penasihat Akademik

Jangan ragu untuk berkonsultasi pada penasihat akademik.
Sederet cara yang bisa dilakukan mahasiswa agar dapat lulus kuliah tepat waktu/freepik/freepik

Selanjutnya bagi kamu yang butuh pendapat ataupun perspektif baru dalam menyusun rencana agar bisa lulus tepat waktu, jangan ragu menghubungi penasihat akademik. Biasanya di kampus akan ada penasihat akademik yang ditunjuk untuk membantu kamu selama proses perkuliahan. 

Cobalah untuk minta pendapat atau bahkan berkonsultasi terkait keinginan kamu agar bisa lulus tepat pada waktunya, Beauties. Bukan hanya penasihat akademik, kamu juga bisa menemukan sumber daya lain seperti rekan sesama mahasiswa hingga dosen untuk bisa membantu kamu. Selamat mencoba!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id