sign up SIGN UP

Mandiri & Women Supporting Women, Inilah 5 Pelajaran Berharga dari Raden Dewi Sartika untuk Perempuan Indonesia

tyana | Senin, 16 Aug 2021 16:00 WIB
Mandiri & Women Supporting Women, Inilah 5 Pelajaran Berharga dari Raden Dewi Sartika untuk Perempuan Indonesia

Raden Dewi Sartika merupakan salah satu pejuang emansipasi perempuan Indonesia. Sama halnya dengan RA Kartini, pahlawan perempuan dari Bandung ini juga berkonsentrasi pada pendidikan untuk perempuan. Lahir dari golongan keluarga priayi yang sangat mementingkan pendidikan, membuat Ia dapat mendapatkan pendidikan di Eerste Klasse School. Namun, sayangnya Ia hanya dapat bersekolah sampai kelas dua saja, dikarenakan orang tuanya harus diasingkan ke Ternate.

Melihat ketidakadilan dan tidak meratanya pendidikan, membuat Ia bertekad untuk memperjuangkan pendidikan untuk kaum perempuan. Salah satunya adalah dengan mendirikan sekolah bernama Sekolah Isteri (dalam bahasa Sunda isteri berarti perempuan) atau dikenal juga Sekolah Raden Dewi Sartika. Sekolah ini tidak hanya mengajarkan tentang membaca, menulis dan berhitung tetapi juga mengajarkan keterampilan menjahit, merenda hingga tentang agama.

Bukan hanya hasil perjuangan Raden Dewi Sartika saja yang dapat kita rasakan sekarang, tetapi kita juga dapat mengambil pelajaran berharga dari sosok pahlawan perempuan dari Bandung ini. Berikut di antaranya:

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id