sign up SIGN UP

Masih Sering Makan Sambil Nonton? Awas, Jangan Sampai Alami Hal Ini!

Sierra Muktisari | Rabu, 24 Nov 2021 15:45 WIB
Masih Sering Makan Sambil Nonton? Awas, Jangan Sampai Alami Hal Ini!
caption
Jakarta -

Beauties, salah satu kebiasaan yang sulit dihilangkan beberapa orang adalah melakukan kegiatan makan sambil menonton. Biasanya, orang-orang akan makan siang atau makan malam dibarengi dengan menonton televisi atau menonton serial melalui gadget.

Meski terdengar seru dan mengasyikkan, namun ada hal-hal negatif yang bisa kamu dapatkan jika masih sering makan sambil menonton lho, Beauties. Melansir laman NDTV Food Desk, menonton TV atau tayangan lainnya ketika sedang makan nggak disarankan oleh ahli.

Hal ini dikarenakan dapat memicu seseorang untuk makan lebih banyak, atau kegiatan mengunyah terganggu. Selain itu, ada beberapa hal nggak baik yang dapat kamu alami jika masih sering makan sambil nonton, Beauties. Simak ulasannya berikut ini!

Cepat Merasa Lapar Lagi

Kim Seon Ho & Mun Ka Young pertama kali bertemu dalam drama Welcome to Waikiki 2 sebagai pasangan. Bahkan mereka punya julukan dari fansnya yaitu Hotteok Couple, yang merupakan camilan favorit mereka dalam drama ini. Foto: dramabeans.comIlustrasi memakan camilan sambil nonton/ Foto: dramabeans.com/

Ketika kamu menonton serial tertentu, pastinya kamu akan fokus pada tayangan tersebut. Meskipun kamu melakukannya sambil makan dan mengunyah, hal tersebut tidak akan 'terasa' karena kamu fokus menonton.

Hal ini akan membuat proses makan terjadi begitu saja, dan kamu pun akan merasa nggak kenyang. Karena merasa nggak kenyang, kamu akan 'tergoda' untuk makan lagi, mulai dari makan camilan atau justru kembali makan makanan berat.

Memicu Berat Badan Bertambah

Berat badan dapat diatur dengan menerapkan pola makan sehat dan olahraga yang rutin.Berat badan dapat bertambah dengan kebiasaan makan sambil menonton./ Foto: pexels.com

Karena saat menonton sambil makan kita cenderung sulit merasa kenyang dan cepat merasa lapar lagi, hal ini pastinya memicu adanya kenaikan berat badan, Beauties. Misalnya, kamu hanya berniat untuk makan siang tanpa mengonsumsi camilan.

Namun, karena ada 'perasaan' lapar yang masih menyerang, akhirnya kamu tergoda untuk mengambil camilan. Jika hal ini dibiarkan terus terjadi, kamu pastinya akan mengalami kenaikan berat badan.

Menurunkan Tingkat Metabolisme

Tubuh LemasIlustrasi perempuan dengan kondisi tubuh yang lemas/ Foto: freepik.com

Melansir Times of India, makan sambil menonton dapat beresiko menurunkan tingkat metabolisme, Beauties. Menurut penelitian, ketika menonton TV, hal tersebut tidak membantu dalam membakar kalori, melainkan mengurangi tingkat metabolisme.

Ketika makan, kamu seharusnya dapat mencerna makanan dan mendapatkan energi, namun karena dilakukan selagi menonton TV, tingkat metabolisme pun akan berkurang.

Tidak Merasakan 'Esensi' Makan Bersama yang Nyaman

Ilustrasi makan bersama keluargaIlustrasi makan bersama keluarga/ Foto: pexels.com/fauxels

Ayo ngaku, Beauties. Kapan terakhir kali kamu makan bersama keluarga di meja makan dengan mengobrol tanpa adanya gadget di sampingmu? Dengan berkembangnya kondisi ke arah yang lebih modern dan masyarakat hidup di zaman yang serba cepat, hal ini juga termasuk ke 'adat' makan.

Biasanya, jika makan dilakukan secara bersama-sama dengan khidmat dan tenang, kini kebiasaan makan pun lebih sering dilakukan sendiri selagi melakukan suatu hal. Kamu akan lupa seperti apa rasanya duduk bersama di meja makan sambil menghabiskan waktu dengan bercengkerama bersama keluarga.

Yuk, luangkan waktu dengan makan bersama keluargamu tanpa distraksi gadget!

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id