sign up SIGN UP

LIFE

Mau Jual Beli Barang Bekas? Intip Tips dan Apa Aja Platform-nya di Sini!

Munjidah Hamsa | Selasa, 18 Aug 2020 18:00 WIB
Mau Jual Beli Barang Bekas? Intip Tips dan Apa Aja Platform-nya di Sini!
caption
Jakarta -

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan tambahan pemasukan adalah dengan menjual barang bekas, dan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah dengan membeli barang bekas. Maka dari itu, jual beli barang bekas bisa jadi solusi keuangan lebih sehat untuk tetap bisa membeli kebutuhan sekunder dan tersier seperti kendaraan, gadget, baju, dan lain sebagainya. Yuk, simak bahasan detail dari Beautynesia soal tips jual beli barang bekas plus platform atau situs mana aja yang bisa memudahkan jual beli barang bekas yang terpercaya dan sukses.

Jual beli barang bekas bakalan lancar dan sukses dengan tips ini.
Sukses jual beli barang bekas/ sumber: freepik.com

Buat kamu yang akan menjual atau membeli barang bekas, kamu bisa simak tips jual beli barang bekas yang bisa kamu terapkan agar lancar dan sukses. Yuk, intip tipsnya!

Pasang atau Cari Harga yang Masuk Akal Sesuai dengan Kondisi Barang

Lakukan pengecekan kondisi dan kelengkapan barang bekas agar bisa menentukan harga yang dijual atau akan dibeli.
Pengecekan barang bekas/ sumber: freepik.com

Tips online thrifting satu ini berlaku bagi yang ingin menjual barang bekas. Agar barang bekasmu laku terjual, pastikan kamu telah mengecek kondisi barang terlebih dahulu sebelum dijual. Pastikan dan catat kelengkapan kondisi barang dan sebutkan di deskripsi barang ketika kamu pasang jualanmu di platform jual beli atau situs jual beli online. Pastikan untuk memasang harga yang masuk akal sesuai kondisi barang dan kelengkapannya, yang pastinya harus lebih murah daripada harga beli baru ketika barang telah dipakai lama atau sering.

Bagi kamu yang akan membeli barang bekas, pastikan kamu melihat foto barang. Jika di tautan jualan foto barang masih kurang lengkap, tanyakan secara langsung lewat fitur chat di platform maupun hubungi contact person yang tersedia untuk meminta foto atau video kondisi barang dan kelengkapannya. Jika kondisi dan kelengkapan belum sesuai harga, kamu bisa lakukan tawar-menawar dengan seller. Ingat, jangan Afgan alias sadis kalau menawar ya!

Pasang atau Cari di Beberapa Platform atau Situs Jual Beli Barang Bekas

Pasang atau cari barang bekas di beberapa platform atau situs jual beli barang bekas sekaligus.
Foto produk/ sumber: freepik.com

Agar jualan barang bekasmu semakin besar kemungkinannya untuk laku, kamu sebaiknya pasang jualanmu di beberapa platform atau situs jual beli sekaligus. Dengan begitu, calon pembeli dari beberapa platform atau situs berbeda tersebut bisa melihat barang bekas yang sedang jual. Semakin banyak yang melihat, semakin besar kemungkinan barang bekasmu terjual lebih cepat.

Bagi kamu yang sedang mencari barang bekas tertentu, sebaiknya kamu cari-cari di beberapa platform atau situs jual beli terlebih dahulu untuk bisa menemukan lebih banyak pilihan barang bekas dengan harga dan kondisi yang oke. Setelah kamu menemukannya, tentukan dan hubungi seller barang bekas yang akan kamu beli untuk melakukan proses pengecekan barang bekas dan tawar menawar. Kamu bisa cari di beberapa platform jual beli atau situs jual beli barang bekas berikut ini.

Kenali Platform Jual Beli Barang Bekas Ini

Rekomendasi situs dan platform jual beli barang bekas online.
Pencarian barang bekas online/ sumber: freepik.com

Agar jualan atau pencarian barang bekas sukses, kamu bisa lho intip dulu beberapa platform jual beli atau situs jual beli barang bekas lokal berikut ini. Yuk, cari tahu mana aja yang bisa kamu jadikan tempat menjual atau berburu barang bekas!

OLX (OLX.co.id)

OLX.co.id merupakan situs bernama tokobagus.com dan salah satu dedengkot atau inisiator platform jual beli barang bekas. Namun, perusahaan Naspers menggantinya dengan nama OLX.co.id pada 2010 lalu. Saat ini OLX.co.id merupakan situ jual beli barang bekas terbesar yang telah ada lebih di di 106 negara dengan 40 bahasa! Di OLX.co.id, kamu bisa menjual dan menemukan banyak kategori barang bekas seperti kendaraan bekas, properti bekas, gadget bekas, elektronik bekas, hingga jasa dan lowongan kerja.

Prelo (prelo.co.id)

Saat pertama kali peluncurannya, Prelo.co.id ditujukan untuk jual beli barang untuk wanita. Namun, dalam perkembangannya sekarang, Prelo.co.id telah menjadi marketplace jual beli barang bekas untuk semua kalangan dengan banyak kategori barang. Kamu bisa menemukan barang dalam kategori preloved untuk barang-barang kecantikan, buku, gadget, perlengkapan hobi, barang antik, kebutuhan bayi dan anak, dan furnitur dan keperluan rumah bekas.

Selain itu, sekarang ini Prelo.co.id telah memiliki fitur sewa dan jasa titip atau jastip yang bisa kamu manfaatkan untuk beberapa kategori jasa. Untuk sewa, kamu bisa menjual atau membeli jasa sewa untuk kategori keperluan bayi dan anak, kendaraan, baju, gadget foto, event organizer, alat elektronik, furnitur, dan keperluan hobi olahraga dan travel. Untuk jastip, kamu bisa titip beli barang dari negara yang disediakan untuk dicarikan mereka yang mau membelikan barangnya di negara yang kamu incar.

Carousell (id.carousell.com)

Marketplace asal Singapura ini banyak dijadikan tempat para pemburu keperluan beauty and fashion dan telah tersedia aplikasinya untuk iOS maupun Android. Kamu bisa memasang atau mencari item preloved dengan banyak fitur yang user friendly yang menjadikan platform satu ini populer. Kamu bisa temukan kategori fashion, home & living, mobile & electronics, hobbies & games, cars & property, dan job & services.

Jualo.com

Situs jual beli barang bekas satu ini memiliki fitur barter barang dan tawar menawar harga yang menjadikannya unik. Selain itu, jualo.com juga menyediakan fitur geo search yang dapat memperlihatkan para pembeli yang berniat dan mencari barang yang kita jual di sekitar seller. Dengan sistem pembayaran yang dijamin aman, kamu bisa temukan barang bekas atau item preloved untuk kategori kendaraan, properti, hobi & olahraga, handphone & gadget, kamera, jasa & pekerjaan, komputer & elektronik, kesehatan & kecantikan, rumah tangga & industri, perlengkapan ibu & anak, dan acara & hiburan.

BelanjaBekas.com

BelanjaBekas.com awalnya didirikan untuk jual beli barang-barang elektronik bekas. Namun, sekarang ini BelanjaBekas.com telah bertransformasi menjadi marketplace khusus barang preloved dengan menyediakan beragam barang seperti fashion hingga properti. Tersedia juga fitur lelang yang memudahkan penjual dan pembali menentukan harga yang menarik.

Tinkerlust.com

Tinkerlust adalah situs untuk menjual dan membeli produk fashion & beauty branded bekas (preloved) berupa pakaian, tas, sepatu, aksesoris, hingga perlengkapan makeup. Di Tinkerlust.com telah disediakan layanan penjemputan barang, foto produk yang baik, hingga bantuan penentuan harga sesuai dengan harga produk serupa yang telah terjual sebelumnya dan minat para pengguna terhadap produk tersebut. Jika ada pembeli yang tertarik, Tinkerlust.com lah yang akan langsung mengirimkannya kepada pembeli. Kamu bisa menemukan item beauty & fashion dari public figure atau influencer kesayanganmu di sini juga lho!

Nah, itu dia tips dan beberapa rekomendasi situs dan platform jual beli barang bekas. Kamu bisa coba jual dan cari barang bekas sekarang ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id