sign up SIGN UP

Mengenal Chuseok, Salah Satu Hari Besar di Korea yang Penuh Makna

Hijria Khatimi | Selasa, 05 Oct 2021 19:30 WIB
Mengenal Chuseok, Salah Satu Hari Besar di Korea yang Penuh Makna
caption
Jakarta -

Hari Chuseok merupakan salah satu perayaan besar di Korea Selatan. Sederet artis mulai dari para idol hingga aktor, beramai-ramai mengucapkan “Selamat Hari Chuseok”. Berbagai program televisi dari Korea Selatan pun tak ketinggalan membuat episode khusus untuk merayakan hari spesial ini.

Mungkin beberapa di antara kamu jadi penasaran, sebenarnya Hari Chuseok itu apa, sih? Lalu, apa yang dilakukan para artis maupun warga Korea lainnya pada perayaan satu ini? Supaya nggak penasaran lagi, baca sampai habis yuk, Beauties!

Apa Itu Hari Chuseok?

Merayakan chuseok
Merayakan chuseok/Foto: whatthekpop.com

Melansir dari Asia Society, Chuseok awalnya merupakan hari di mana warga Korea merayakan panen yang melimpah dan berterima kasih pada para leluhur. Di masa sekarang, hari spesial ini dikenal juga dengan Hari Thanksgiving Korea.

Chuseok menjadi salah satu hari libur nasional yang penting di Korea Selatan. Pada tahun ini, warga Korea merayakannya pada 21 September lalu. Meski begitu, hari libur yang ditetapkan pemerintah adalah dari tanggal 20 – 22 September.

Dengan hari libur yang cukup panjang, banyak warga Korea Selatan memanfaatkannya untuk melakukan mudik ke kampung halaman.

Kegiatan Perayaan Chuseok

Songpyeon makanan khas chuseok
Songpyeon makanan khas chuseok/Foto: visitkorea.co.kr

Di pagi hari, para anggota keluarga akan berkumpul untuk melakukan ritual yang disebut charye, seperti dikutip dari Visit Korea. Tujuannya adalah dalam rangka menghormati para leluhur.

Berbagai persembahan pun disajikan saat ritual, seperti nasi hangat, songpyeon (sejenis kue beras), dan alkohol. Setelahnya, mereka akan menyantap berbagai sajian makanan bersama-sama.

Tradisi lainnya yang lazim dilakukan adalah seongmyo, atau ziarah ke makam leluhur dari masing-masing keluarga. Selama melakukan ziarah, anggota keluarga akan melakukan ritual doa dan membersihkan makam dari rumput-rumput liar.

Hari Chuseok juga biasanya dirayakan dengan saling memberi hadiah. Hadiah diberikan tak hanya kepada keluarga dan saudara, melainkan juga kepada teman maupun kenalan bisnis. Pemberian hadiah dimaksudkan sebagai tanda terima kasih sekaligus bentuk penghargaan.

Hadiah chuseok
Hadiah chuseok/Foto: asiasociety.org

Hadiah yang diberikan di antaranya berupa makanan seperti buah-buahan, daging berkualitas tinggi, hingga parsel berisi makanan ringan. Ada pula yang memberikan hadiah berupa kebutuhan sehari-hari seperti minyak untuk memasak hingga shampoo.

Nah, itulah penjelasan mengenai perayaan Hari Chuseok. Semoga bermanfaat, Beauties!

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id