sign up SIGN UP

LIFE

Menyentuh Wajah dengan Tangan Terlalu Sering Bisa Bahaya, 5 Cara Ini Bisa Menghentikannya

Henny Alifah | Jumat, 08 Jan 2021 18:00 WIB
Menyentuh Wajah dengan Tangan Terlalu Sering Bisa Bahaya, 5 Cara Ini Bisa Menghentikannya
caption
Jakarta -

Berapa kali kamu menyentuh wajah hari ini? Saat digigit serangga? Saat timbul rasa gatal karena luka atau lesi jerawat yang hampir sembuh? Saat benjolan jerawat menggoda tangan untuk memencet dan meletuskannya? Saat tiba-tiba tumbuh bulu tipis berwarna putih di wajah? Atau saat sedang berpikir? Ketika mencoba untuk berkonsentrasi? Tanpa sadar begitu saja menyentuh wajah ketika fokus menonton TV, membaca, mengemudi, hingga makan? Atau karena stres dan frustasi?

Ya, ternyata ada banyak sekali hal yang menggerakkan diri untuk menyentuh wajah dengan tangan. Menyentuh wajah dengan tangan terlalu sering nyatanya bisa menimbulkan masalah bagi kulit wajah itu sendiri. Ditambah pula kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko infeksi flu atau virus flu, termasuk COVID-19.

Yuk simak di sini lima cara menghilangkan kebiasaan memegang wajah supaya terhindar dari masalah kulit dan mencegah penyebaran virus.

1. Journaling

Kegiatan journaling bisa digunakan untuk mengurangi kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan, terutama yang berkaitan dengan kecemasan
Cara Menghilangkan Kebiasaan Memegang Wajah: Journaling/ Foto: Pexels.com/Alina Vilchenko

Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan dapat dikaitkan dengan kecemasaan dan OCD. Jika hal ini yang kamu hadapi, cobalah membuat jurnal atau menulis diari setiap pagi atau malam untuk membantu meredakan rasa frustrasi dan cemas yang berlebihan. Selalu sediakan buku catatan di samping tempat tidur dan kamu bisa tulis di situ tentang perasaanmu, acara harian, atau apa pun yang terlintas dalam pikiran. Selain itu, pertimbangkan juga untuk melakukan terapi dan meditasi.

2. Sembunyikan cermin

Semakin sedikit bercermin, semakin kecil keinginan untuk menyentuh wajah dengan tangan
Cara Menghilangkan Kebiasaan Memegang Wajah: Sembunyikan Cermin/ Foto: Pexels.com/Dids

Sanam Hafeez, psikolog berlisensi di New York yang juga member Beauty & Wellness Review Board di Byrdie, menyarankan untuk menjauhkan diri dari cermin agar kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan bisa berkurang. Cermin dapat menampilkan setiap kekurangan pada tampilan wajah, yang memicu godaan untuk menyentuhnya dengan tangan. Karena itu sebaiknya hindari bercermin, termasuk di layar ponsel, kecuali untuk hal yang penting seperti memakai makeup dan skincare di wajah.

3. Temui dokter kulit

Jika keinginan untuk menyentuh kulit dengan tangan berasal dari kondisi kulit yang buruk, mintalah bantuan profesional untuk mendapat perawatan kulit yang tepat
Cara Menghilangkan Kebiasaan Memegang Wajah: Temui Dokter Kulit/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch

Menyentuh wajah dengan tangan seringkali justru menunda penyembuhan lesi jerawat, membuatnya tambah parah, dan dapat menyebabkan lesi baru akibat iritasi yang terus-menerus. Jika ini adalah hal yang terjadi padamu, mintalah bantuan seorang profesional untuk membantu menyembuhkan kulit dan menentukan perawatan kulit sehat yang dirancang khusus untuk jenis dan masalah kulitmu.

4. Menyibukkan tangan

Menyibukkan tangan dengan aktivitas seperti membuat roti di dapur akan mengurangi kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan
Cara Menghilangkan Kebiasaan Memegang Wajah: Menyibukkan Tangan/ Foto: Pexels.com/Elly Fairytale

Berikutnya, kamu juga bisa menyibukkan tangan sebagai cara menghilangkan kebiasaan memegang wajah. Entah itu kegiatan sederhana seperti memegang bola atau mainan yang lain, hingga kegiatan yang lebih kompleks seperti membuat kue atau resep baru di dapur, menyibukkan tangan akan menjauhkannya dari wajah.

5. Pakai face mask

Memakai face mask akan mencegah tangan memegang wajah
Cara Menghilangkan Kebiasaan Memegang Wajah: Pakai Face Mask/ Foto: Pexels.com/Anna Shvets

Selanjutnya, kamu juga bisa memakai face mask sebagai salah satu cara menghilangkan kebiasaan memegang wajah. Saat bekerja atau istirahat, memakai sheet mask maupun masker krim akan menghalangi tangan dalam menyentuh wajah. Selain itu, face mask akan meminimalkan iritasi dan lesi di wajah. Lalu, face mask yang menenangkan juga dapat membantu melawan iritasi dan peradangan.

Dr. Jart + Cicapair ™ Tiger Grass Cream cukup kental untuk mencegah kamu menyentuh wajah dengan tangan dan memiliki banyak review bagus untuk mengatasi kemerahan serta kulit kering dan sensitif.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id