sign up SIGN UP

LIFE

Mulai Hidup Minimalis dengan Cerdas Memilih Barang

Diyah Wulandini | Sabtu, 03 Apr 2021 10:00 WIB
Mulai Hidup Minimalis dengan Cerdas Memilih Barang
caption

Memasuki tren budaya hidup minimalis memang berhasil mengerucutkan sudut pandang kamu buat enggak perlu membuang-buang energi secara percuma. Daripada menghabiskan uang demi shopping lebih baik ditabung kan, Ladies?

Pola hidup minimalis bakalan membantu kamu menemukan ruang bernafas lebih nyaman. Enggak perlu lagi sesak memikirkan list belanjaan yang dapat menguras gaji bulanan. Yuk, mulai memahami betul kriteria barang apa saja yang sebenarnya perlu dimiliki.

Mengenal Baik Kebutuhan

Memahami antara keinginan dan kebutuhan nggak akan membuat kamu membuang uang secara percuma untuk barang yang belum tentu digunakan.
Perempuan MenentengTas Belanja/foto: freepik.com

Membedakan antara kebutuhan dengan keinginan merupakan faktor paling penting ketika merancang pola hidup minimalis. Dari tabungan yang dipunyai mungkin kamu bisa membeli apa saja sesuka hati. Tapi, belum tentu yang kamu beli akan berguna.

Daripada pusing memikirkan tas-tas model terbaru yang memikat hati, lebih baik melihat tas seperti apa yang bisa terus kamu pakai. Kamu enggak perlu mengeluarkan sejumlah tabungan dari energi yang sudah terkuras dengan sia-sia. Toh, belum tentu terpakai.

Apabila kamu kesulitan membedakan antara kebutuhan dengan keinginan, coba tahan dulu hasrat berbelanja. Setelah memberi jeda sikap konsumtif yang muncul perlahan keinginan juga bisa tergeser dengan kebutuhan lebih penting buat dipenuhi.

Mengutamakan Fungsi

Cerdas memilih barang yang benar-benar dibutuhkan juga harus menimbang secara tepat fungsi apa saja untuk dipertahankan.
Selektif Memilih Belanjaan/foto: freepik.com

Sudah bukan saatnya gengsi-gengsian tampil dengan barang branded. Kalau kamu bisa membeli dengan kualitas dan fungsi serupa, mengapa harus menguras habis tabungan. Kenali betul manfaat apa yang berniat kamu dapatkan dari barang yang dibeli.

Ketika kamu berhasil mengutamakan fungsi ketika membeli sebuah barang, tindakan positif ini akan terus berlanjut tanpa sadar. Enggak perlu bingung lagi mencari ruang yang aman agar barang tersimpan dengan rapi.

Memulai kebiasaan minimalis dengan dibantu barang-barang yang sudah jelas kamu butuhkan fungsinya semakin menguntungkan kamu, Ladies. Setiap urusan mampu berjalan lebih ringkas sekaligus melegakan.

Memahami Kualitas

Berhasil meminimalkan sejumlah barang akan membuat kamu merasa lebih nyaman dan tenang beraktivitas sekaligus istirahat di rumah sendiri.
Perempuan Tersenyum Lega/foto: freepik.com

Pola hidup minimalis mungkin akan memangkas sebagian barang yang sudah bersarang di tempat tinggal kamu. Tapi, bukan berarti kamu bakalan kehilangan keuntungan yang selama ini sudah mempermudah hidupmu.

Yuk, mulai bikin daftar apa saja barang yang enggak penting banget buat terus tinggal bersama kamu. Dengan begini akan jauh lebih mudah melihat kualitas apa saja yang sebenarnya sedang dibutuhkan.

Mulai dari alat sederhana yang membantu membersihkan rumah, peralatan memasak, sampai rentetan fashion stuff tentu bisa diminimalkan. Mendapatkan suasana rumah lebih nyaman merupakan surga yang enggak tergantikan, lho.

Hidup kamu bakalan jauh lebih nyaman ketika menerapkan pola hidup minimalis. enggak perlu lagi menuruti keperluan-keperluan kurang penting. Perasaan bahagia sekaligus nyaman juga pasti kamu dapatkan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id