sign up SIGN UP

LIFE

Obati Kucing Keracunan, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Izzul Millati Umami | Kamis, 01 Apr 2021 20:00 WIB
Obati Kucing Keracunan, Ini yang Harus Kamu Lakukan
caption

Pasti pusing rasanya saat kucing peliharaan Ladies tiba-tiba keracunan. Kucing yang biasanya aktif dan bahagia dengan tingkah aktifnya jadi diam dan lemas tidak aktif bergerak.  Ladies pun pasti shock dengan kondisi yang tiba-tiba ini. So, apa yang sebaiknya harus Ladies lakukan ketika situasi yang mendadak ini terjadi? 

1. Jangan self diagnose

kucing sedang sakit
kucing sedang sakit/sumber:pexels.com

Saat kucing sedang mengalami kondisi seperti ini, jauhi self diagnose. Terkadang, saking sayangnya terhadap anabul, Ladies jadi sok tahu dan buru-buru melakukan tindakan diagnosa mandiri. Bila Ladies nggak ada bekal ilmu tentang pengobatan hewan peliharaan, jangan dulu, deh. Serahkan masalah keracunan kucing Ladies langsung pada ahlinya seperti dokter hewan maupun perawat hewan. 

2. Bilas tubuh kucing secara cepat

bilas tubuh kucing
bilas tubuh kucing/sumber:pexels.com

Saat kucing sedang keracunan, segera ambil langkah cepat. Bilas sekujur tubuh kucing menggunakan sabun. Hal ini supaya bulu kucing netral dari kandungan kimiawi racun. Dengan begitu, kucing akan aman saat menjilati bagian tubuhnya. Well, tetap bilas bulu kucing menggunakan air bersih supaya bahan kimia dari sabun juga tidak menempel di lidahnya. 

3. Baringkan kucing

baringkan tubuh kucing
baringkan tubuh kucing/sumber:pexels.com

Segera miringkan kucing ke kanan saat si kucing tidak sadarkan diri. Cara ini mempermudah Ladies untuk mengecek detak jantungnya. Jangan lupa jaga selalu supaya kucing Ladies tetap hangat. Bilas mulut kucing dengan air bersih supaya keracunan bisa dicegah. 

4. Lakukan tindakan pertama

Lakukan tindakan pertama saat kucing menunjukkan tanda-tanda keracunan. Beri si kucing air putih agar badannya tetap hangat. Selain itu, berikan pernapasan buatan dan kontak dokter hewan supaya segera datang. Bersihkan pula bulu kucing dengan sabun dan air bersih. Jangan memancing kucing untuk mengeluarkan muntahannya. 

5. Bawa ke dokter segera, jangan tunggu kondisi kucing makin parah

bawa ke dokter kucing
bawa ke dokter kucing/sumber:pexels.com

Bila menunggu dokter hewan panggilan datang terlalu lama, sebaiknya segera bawa kucing ke klinik terdekat. bungkus dengan selimut dan hindarkan dari bahan kimia yang mungkin bisa membuat kucing merasa pening. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id