sign up SIGN UP

LIFE

Olahraga Sepeda Bikin Sehat, Tapi Harus Tetap Jaga Jarak

Beautynesia | Sabtu, 17 Oct 2020 11:00 WIB
Olahraga Sepeda Bikin Sehat, Tapi Harus Tetap Jaga Jarak
caption
Jakarta -

Olahraga bersepeda masih menjadi favorit banyak orang di masa pandemi ini. Selain menyehatkan tubuh, olahraga bersepeda memang bisa mengusir rasa bosan yang muncul akibat dari kurangnya kegiatan di luar rumah. Meskipun begitu, pastikan kamu tetap #ingatpesanibu untuk mematuhi protokol kesehatan saat berolahraga menggunakan sepeda ya, Ladies. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar olahraga bersepeda menjadi lebih nyaman dan aman di masa pandemi.

 

Gunakan Masker yang Nyaman

Jaga Jarak Saat BersepedaJaga Jarak Saat Bersepeda/ Foto: freepik.com

Saat bersepeda, jangan lupa untuk tetap menggunakan masker. Beberapa orang mengaku kesulitan mengatur nafas saat harus bersepeda dengan masker. Hal ini karena kebutuhan oksigen kita akan meningkat seiring dengan semakin beratnya aktivitas fisik yang dijalani. Untuk mengatasinya, pilihlah masker yang nyaman digunakan untuk berolahraga. Kamu bisa memilih masker dengan bentuk moncong yang lebih berongga agar mudah bernafas.

 

Pilih Tempat Bersepeda yang Tak Terlalu Ramai

Jaga Jarak Saat BersepedaJaga Jarak Saat Bersepeda/ Foto: freepik.com

Seiring semakin trennya olahraga bersepeda, akan semakin mudah menemukan orang yang bersepeda di berbagai sudut jalanan. Namun kamu harus tetap ingat untuk memilih tempat bersepeda yang tak terlalu ramai ya, Ladies. Daripada bersepeda ke tempat eksis yang sudah pasti dikunjungi banyak orang, lebih baik #jagajarakhindarikerumunan dengan bersepeda keliling kompleks saja.

 

Jaga Jarak dengan Pesepeda Lain

Jaga Jarak Saat BersepedaJaga Jarak Saat Bersepeda/ Foto: freepik.com

Menjaga jarak menjadi protokol yang wajib kamu lakukan saat bersepeda. Jika menemui pesepeda lain di jalan, kamu sebaiknya tetap #jagajarak 1-1,5 meter. Lalu jika memutuskan beristirahat di tengah perjalanan, hindari mengunjungi tempat umum yang ramai. Menjaga jarak dengan orang lain bisa meminimalkan resiko kamu terpapar Covid-19.

 

Bawa Botol Minum Sendiri

Jaga Jarak Saat BersepedaJaga Jarak Saat Bersepeda/ Foto: freepik.com

Bersepeda tentunya akan menguras energi kita. Salah satu cara termudah untuk mengembalikan energi dan menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan minum air putih. Namun daripada harus membeli minum di tempat lain atau justru meminta minum milik teman, sebaiknya bawa botol minum kamu sendiri. Dengan membawa botol minum sendiri, kamu juga bisa memastikan kebersihan dari air yang kamu konsumsi.

 

Segera Membersihkan Diri Setelah Sampai Rumah

Jaga Jarak Saat BersepedaJaga Jarak Saat Bersepeda/ Foto: freepik.com

Setelah selesai bersepeda dan pulang ke rumah, jangan lupa untuk langsung membersihkan diri. Mandi dengan sabun dan ganti pakaian kamu. Ketika berada di jalan, kita tidak tahu kotoran dan bakteri apa saja yang menempel di tubuh. Dengan langsung membersihkan diri, kamu akan menjaga bukan hanya kesehatan diri sendiri, namun juga kesehatan keluarga di rumah.

Nah itu tadi tips yang bisa kamu jalankan untuk tetap menjaga kesehatan saat bersepeda di masa pandemik. Ingat untuk selalu lakukan 3M (Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) seperti yang dianjurkan pemerintah agar persebaran virus Covid-19 semakin berkurang.

(arm2/arm2)