sign up SIGN UP

LIFE

Overthinking Bisa Picu Stres, Hentikan dengan 5 Cara Ini

Jovita | Kamis, 28 May 2020 01:00 WIB
Overthinking Bisa Picu Stres, Hentikan dengan 5 Cara Ini
caption
Stres bisa muncul karena overthinking lho, Ladies. Kamu bisa menghentikan kebiasaan overthinking dengan 5 cara ini. Simak, yuk!
Beautynesian, pernahkah kamu memikirkan sesuatu secara berlebihan sampai menganggu kondisi fisik dan mentalmu? Berpikir secara berlebihan atau yang sering disebut overthinking sering dialami oleh banyak orang, terutama masyarakat modern.

Hal ini bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, seperti depresi, stres, insomia, hingga memicu penyakit lambung. Karena itu, kamu perlu menghentikan kebiasaan overthinking agar hidupmu jadi lebih baik.

Untuk dapat menghentikannya, kamu perlu mengetahui dulu apa penyebabnya. Adapun beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menghentikan kebiasaan overthinking ada di bawah ini. Simak, yuk!

1. Meditasi


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Cara berhenti overthinking yang pertama adalah dengan rutin melakukan meditasi. Terlalu banyak berpikir akan menyebabkan stres, untuk mencegah hal tersebut, cobalah tenangkan pikiran dengan bermeditasi paling sedikit 5 menit setiap hari.

Melakukan praktik ini memang tidak mudah, saat mata tertutup, pikiran justru datang semakin ganas. Karenanya, meditasi perlu dilatih, kamu tidak bisa menjadi tenang secara instan hanya dengan sekali mempraktikan.

Meditasi bukan menjadi usaha pemaksaan untuk memberhentikan pikiran. Praktik ini mengajarkan kita untuk berfokus pada suatu objek, biasanya nafas masuk dan nafas keluar. Saat sedang berfokus pada nafas, wajar jika beberapa kali kita tidak sengaja memikirkan hal lain.

Jika ini terjadi, kamu tidak perlu mengusirnya, cukup terima, sadari, dan lepaskan seiring dengan nafas keluar. Dengan begini, lambat laun sikap overthinkingmu akan semakin berkurang.

4. Cari udara segar


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Terkungkung menjalani rutinitas, belajar, bekerja, dan bersosialisasi cenderung membuat pikiran menjadi lelah. Saat pikiran lelah, janganlah menambahnya dengan memikirkan hal-hal tidak penting secara berlebihan. Beristirahatlah sejenak, jernihkan pikiran kusut itu dengan mencari udara segar dan jalan-jalan ke tempat yang menenangkan, seperti taman atau danau. Perhatikan objek-objek alam yang ada di tempat tersebut. 

Awan, pepohonan, suara angin, beberapa hal sederhana ini begitu indah, namun tidak seringkali kita acuhkan. Perhatikan keindahan objek tersebut, kemudian tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan. Dengan melakukan hal ini berarti kamu sudah memberi jeda pada dirimu sendiri untuk menenagkan pikiran dan mensyukuri hidup. Ini adalah salah satu cara berhenti overthinking yang paling efektif. 

5. Temui sahabatmu dan ceritakan masalahmu


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Cara berhenti overthinking yang terakhir adalah dengan mengungkapkannya. Semakin kamu menyimpan pikiran dan masalahmu sendiri, semakin hal tersebut akan menggerogotimu. Sama seperti bom waktu, yang nanti pasti akan meledak.

Karenanya, jangan menunggu sampai dirimu meledak, segera temui keluarga atau sahabat terdekat dan ceritkanlah apa saja hal yang menganggu pikiranmu. Hal ini pasti akan membuat pikiran jadi lebih tenang dan hati jadi lebih lega, asalkan kamu menemui orang yang tepat.

Terkadang pikiran yang kusut tidak dapat memberikan tindakan atau keputusan yang tepat, makanya kamu membutuhkan orang lain untuk memandang hal tersebut seobjektif dan sejernih mungkin. Jangan merasa ragu atau malu karena kita adalah mahluk sosial yang pasti membutuhkan orang lain, lagi pula itulah fungsi seorang sahabat, bukan?

(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id