sign up SIGN UP

LIFE

Pagi vs Siang vs Malam, Kapankah Waktu Terbaik Otak untuk Belajar?

Dian Aprilia | Minggu, 06 Jun 2021 22:00 WIB
Pagi vs Siang vs Malam, Kapankah Waktu Terbaik Otak untuk Belajar?
Waktu belajar/ foto: pexels.com

Belajar merupakan rutinitas yang sangat penting, utamanya bagi para pelajar dan mahasiswa. Sebab belajar seharusnya menjadi prioritas utama mereka dan mendominasi aktivitas hariannya. Untuk itu, memilih waktu yang tepat untuk belajar adalah hal yang juga cukup penting demi kelancaran proses belajar.

Menurut penelitian-penelitian terbaru menemukan bahwa waktu bukanlah segalanya dan hal yang terpenting adalah konsistensi untuk belajar. Meski begitu ada pilihan waktu yang cenderung lebih baik dibandingkan lainnya untuk dijadikan waktu belajar. Berikut beautynesia.id telah merangkum waktu terbaik otak untuk belajar.

07.00 – 09.00

Pagi hari
Pagi hari/pexels.com

Banyak orang yang memiliki keyakinan bahwa pagi hari adalah waktu terbaik untuk belajar. Sebab saat pagi, otak cenderung tajam dan energi masih penuh setelah semalaman beristirahat. Untuk itu, waktu ini dinilai sangat cocok untuk mempelajari materi baru atau mengulang materi kemarin.

09.00 – 11.00

Siang hari
Siang hari/pexels.com

Selain itu, di rentang waktu 09.00 – 11.00 juga merupakan waktu terbaik otak untuk belajar. Pada waktu ini otak masih segar dan hormon kortisol sudah mulai aktif. Hal ini membuat otak lebih mudah fokus untuk menangani tugas-tugas penting termasuk belajar.

Sebaiknya pilih materi-materi yang membutuhkan konsentrasi dan analisis tinggi karena kemampuan otak sedang bagus di waktu ini. Kamu juga bisa menjadikan waktu ini untuk mengerjakan berbagai tugas yang sulit dan menuntut fokus.  

11.00 – 14.00

Siang hari
Siang hari/pexels.com

Pada rentang waktu ini, memang sering datang godaan kantuk, utamanya usai makan siang. Waktu ini memang bukan merupakan waktu terbaik untuk belajar sebab aliran darah ke otak sedang menurun. Akibatnya kamu memang perlu ekstra usaha untuk benar-benar fokus.

Agar terlepas dari godaan kantuk, kamu bisa sesekali melakukan peregangan dan minum air putih. Hal ini bisa menjagamu tetap melek dan bertenaga selama belajar. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi berbagai gangguan seperti handphone, musik, dan lainnya agar tetap tenang.

15.00 – 18.00

Sore hari
Sore hari/pexels.com

Sore hari juga menjadi waktu terbaik untuk belajar. Sebab di waktu ini, otak sedang dalam keadaan prima untuk mengintegrasikan informasi baru dengan informasi lama. Selama waktu ini, otak bisa menghubungkan setiap informasi yang didapat untuk jadi lebih bermakna.

Itulah 4 waktu terbaik otak untuk mempelajari materi dan mengerjakan tugas-tugas. Meski begitu, kamu juga bisa belajar di luar waktu tersebut dengan menyesuaikan ritme sikardian masing-masing.

Sebab ada kelompok orang yang suka berkegiatan di pagi hari dan juga berkegiatan di malam hari. Intinya sesuaikan dengan gaya hidup kamu dan lakukan dengan konsisten sehingga fisik dan mental pun siap untuk melakukan tugasnya dengan baik.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id