sign up SIGN UP

Prodi, Dekan, Hingga UKT, Ini Daftar Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Perlu Diketahui Maba

Dhea Salsabila | Senin, 23 Aug 2021 07:00 WIB
Prodi, Dekan, Hingga UKT, Ini Daftar Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Perlu Diketahui Maba
caption

Beauties, apakah kamu mahasiswa baru? Jika iya, kamu perlu banget nih tahu istilah-istilah dalam dunia perkuliahan yang biasa digunakan.

Dunia perkuliahan tentunya sangat berbeda dengan saat kamu berada di bangku sekolah, Beauties. Ada banyak hal yang berubah ketika kamu menjadi mahasiswa, mulai dari materi yang dipelajari sampai suasana atau lingkungan sekitar.

Saat kamu memasuki dunia perkuliahan, mungkin kamu akan lebih sering menemukan kata atau istilah yang asing. Istilah-istilah yang sebelumnya tidak pernah kamu dengar saat duduk di bangku sekolah. Seperti istilah SKS, IPK, prodi, dan sempro, mendengarnya saja sudah bingung kan, Beauties?

Mari cari tahu yuk, istilah yang biasa digunakan dalam dunia perkuliahan, supaya kamu tidak bingung!

Istilah yang Biasa Digunakan dalam Dunia Perkuliahan:

1. Universitas

Universitas Indonesia merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia.
Universitas Indonesia/foto: id.pinterest.com/foreignpolicynews.org

Universitas merupakan institusi tempat kamu kuliah, Beauties. Namun, tidak semua perguruan tinggi memiliki nama Universitas. Ada yang disebut Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, dan Akademi.

2. Fakultas

Fakultas adalah bagian administratif dalam perguruan tinggi yang menaungi beberapa bidang studi atau jurusan. Misalnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Teknik, dan lain-lain.

3. Program Studi (Prodi)

Program Studi merupakan kesatuan rencana belajar yang digunakan sebagai pedoman jalannya pendidikan akademik, yang penyelenggaraannya berdasarkan suatu kurikulum. Adanya prodi bertujuan agar mahasiswa bisa menguasai suatu pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan target kurikulum pendidikan yang digunakan.

Misalnya di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, memiliki lima program studi yaitu, Program Studi Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Administrasi Publik, Sosiologi, dan Ilmu Komunikasi. Lalu, apa sih bedanya prodi dan jurusan?

Nah, sebenarnya, prodi dan jurusan itu sama saja, Beauties. Hanya saja, untuk di bangku perkuliahan, para akademis lebih suka menyebut pembagian divisi pendidikan ini dengan kata prodi, bukan jurusan.

4. Rektor

Rektor adalah pemimpin dan penanggung jawab tertinggi tingkat Universitas.

5. Dekan

Dekan adalah pemimpin administratif sekaligus pemimpin keakademikan tertinggi di sebuah fakultas.

6. Kaprodi (Ketua Program Studi)

Pimpinan tertinggi di sebuah program studi atau jurusan. Di beberapa kampus dikenal juga sebagai Kajur (Kepala Jurusan). Kaprodi adalah orang yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan program studi yang dipimpinnya.

7. Dosen

Dosen adalah pendidik profesional yang bekerja di satuan pendidikan tinggi tertentu.
Ilustrasi dosen mengajar di kelas/foto: id.pinterest.com/usnews.com

Dosen adalah pengajar di perguruan tinggi.

8. Dospem (Dosen Pembimbing)

Merupakan dosen yang akan membantu kamu selama menyusun skripsi. Dosen pembimbing ditentukan secara acak oleh Kaprodi berdasarkan tema (outline) skripsi yang kamu pilih.

9. Dosen PA (Dosen Pembimbing Akademik)

Kamu bisa berkonsultasi terkait perkuliahan kepada dosen PA, Beauties. Selain itu, saat mengisi KRS, kamu juga harus meminta persetujuan ke dosen ini.

10. Asdos (Asisten Dosen)

Seseorang yang ditunjuk untuk membantu pekerjaan dosen. Asdos merupakan jabatan yang juga kebanyakan diidamkan oleh para mahasiswa, lho. Asisten ini memiliki tugas yang bermacam seperti membantu mengajar, memeriksa tugas, dan sebagainya.

11. UKT (Uang Kuliah Tunggal)

UKT merupakan biaya kuliah yang harus dibayar oleh mahasiswa setiap semesternya dan jumlahnya biasanya sama atau tetap. Pembiayaan jenis ini umumnya berlaku untuk mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

12. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

Kartu ini mirip dengan Kartu Siswa yang kamu terima di bangku sekolah. KTM berguna sebagai identitas yang dimiliki oleh setiap mahasiswa. Ada beberapa informasi yang terdapat dalam KTM seperti nama, fakultas, jurusan, dan lain-lain.

13. SKS (Satuan Kredit Semester)

SKS adalah beban studi yang harus kamu tempuh selama menjadi mahasiswa. Mata kuliah wajib biasanya memiliki beban yang lebih banyak, yaitu antara 3-4 SKS. Sedangkan beban terbanyak yaitu pada skripsi sebesar 6 SKS.

14. KRS (Kartu Rencana Studi)

KRS merupakan perencanaan mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa dalam satu semester. Pengisian KRS ini dilakukan pada masa registrasi ulang atau sebelum mulai semester baru.

15. KHS (Kartu Hasil Studi)

KHS yaitu lembar berisi IP (Indeks Prestasi) dari setiap mata kuliah yang kamu tempuh.

16. IP (Indeks Prestasi)

Indeks Prestasi adalah nilai yang diperoleh oleh mahasiswa pada setiap semester. Misalnya, pada semester 2 kamu mendapat IP 3,5. Lalu, di semester berikutnya kamu mendapat IP sebesar 3,7.

17. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

IPK adalah hasil gabungan nilai semua mata kuliah pada tiap semester. Misalnya, pada semester 3, IP yang kamu dapat yaitu 3,7. Namun IPK-nya hanya 3,5, karena di semester sebelumnya IP kamu lebih rendah.

18. Matkul (Mata Kuliah)

Pengertian mata kuliah sama dengan mata pelajaran yang kamu dapat saat di bangku sekolah Beauties, setiap program studi dapat memiliki matkul yang berbeda.

19. KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Pengabdian yang dilakukan mahasiswa kepada masyarakat. Waktu pengabdian pun berbeda-beda tergantung kebijakan kampus. Namun, tidak semua kampus mengadakan KKN Beauties.

20. Magang atau PKL (Praktik Kerja Lapangan)

Praktik kerja di industri yang berhubungan dengan jurusan kuliah. Magang atau PKL biasanya diwajibkan di semester 6 atau 7 Beauties. Masa ini digunakan untuk mendapat pengalaman kerja sebelum kamu lulus.

21. Sempro (Seminar Proposal)

Sempro dilakukan saat kamu menyusun skripsi. Sempro biasanya dilakukan sebelum mahasiswa memulai penelitian.

22. Skripsi

Skripsi dibuat oleh mahasiswa sebagai persyaratan kelulusan.
Ilustrasi mahasiswa sedang mengerjakan skripsi/foto: id.pinterest.com/scoop.it

Skripsi merupakan tugas final berisi penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa sarjana. Skripsi dibuat oleh mahasiswa sebagai persyaratan kelulusan.

23. Sidang

Sidang adalah gerbang perjuangan akhir bagi seorang mahasiswa untuk memperoleh sebuah gelar. Saat siding berlangsung, mahasiswa akan memaparkan hasil penelitiannya di hadapan penguji.

24. Cum Laude

Cum laude adalah predikat yang diberikan pada ujian di perguruan tinggi. Istilah ini diberikan kepada mahasiswa yang IPK-nya tinggi yaitu sekitar 3,51 sampai 4,00.

25. Wisuda

Wisuda merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa.
Wisuda kelulusan mahasiswa/foto: id.pinterest.com/500px.com

Wisuda adalah akhir perjuangan sekaligus awal baru bagi mahasiswa. Sebuah momen yang paling ditunggu-tunggu dan nggak akan pernah terlupakan.

Yup, itulah Beauties beberapa istilah dunia perkuliahan yang wajib kamu tahu sebagai maba. Jadi, jangan bingung lagi ya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id