sign up SIGN UP

LIFE

Punya Kebiasaan Overthinking? Ini Tips Mengatasinya Sebelum Semakin Parah

Ade Irma Suryani | Rabu, 27 May 2020 07:00 WIB
Punya Kebiasaan Overthinking? Ini Tips Mengatasinya Sebelum Semakin Parah
caption
Orang yang suka memikirkan sesuatu secara berlebihan ditandai sebagai orang yang overthinking. Tentunya overthinking ini sangat berbeda dengan pemikir yang hanya memikirkan hal-hal yang perlu saja. Berpikir secara berlebihan memang akan sangat mengganggu kehidupan sehari hari. Jika tak segera diatasi, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan mental dan juga fisik. Nah, agar tak semakin parah, berikut tips mengatasinya.

Tuliskan Tentang Isi Pikiranmu


Terus-menerus memikirkan hal yang ada di kepalamu hanya akan menambah beban pikiran. Oleh karena itu, cobalah untuk meringankan beban pikiranmu dengan cara menuliskannya di sebuah kertas atau bahkan buku harian. Selain sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah overthinking, menulis juga merupakan terapi bagi jiwa.

Dengan mencoba menulis, masalah yang sedang kamu pikirkan akan mulai tergambarkan, dan bisa jadi ternyata tidak serumit yang kamu pikirkan. Hal ini juga akan memudahkanmu dalam menemukan solusi yang tepat. Kamu bisa mencoba menuliskan isi pikiranmu di malam hari sesaat sebelum tidur. Tentunya hal ini juga dapat membantumu untuk tidur lebih nyenyak lho. 


Foto: https://pexels.com


 


Mengalihkan Diri pada Hal-hal yang Menyenangkan


Berpikir terus-menerus secara berlebihan tentunya akan membuatmu kehabisan energi dan waktu. Untuk itulah kamu perlu mengistirahatkan pikiranmu dengan melakukan berbagai hal yang dapat menyenangkan diri seperti berolahraga, membaca, menonton film kesukaan, mendengarkan lagu, atau jalan-jalan. Dengan mengalihkan dirimu pada kegiatan yang menyenangkan diri, maka pikiranmu dapat menjadi lebih rileks.



Foto: https://pexels.com


 


Berpikirlah Secara Terbuka dan Positif


Di saat kamu tetap berpikiran sempit terhadap masalah yang kamu hadapi, maka segala masalah apapun menjadi terasa buntu dan seolah-olah tidak ada jalan keluarnya sama sekali. Oleh karena itu, agar overthinking-mu tidak semakin parah, cobalah untuk berpikir secara terbuka dan melihat masalah tersebut dari sudut pandang positif. Karena di saat kamu mencoba untuk berpikir lebih terbuka, kamu akan lebih mudah untuk menemukan solusi yang tepat dalam menanggani masalah yang kamu hadapi. Selain itu, pikiranmu juga akan jauh lebih tenang dan tidak stres.


Foto: https://pexels.com


 


Jauhi Mereka yang Selalu Berpandangan Negatif tentang Hidup


Biasanya orang-orang di sekitar kita juga akan dapat memberi pengaruh langsung kepada kita. Hal ini tak dapat dipungkiri, jika kamu bergaul dengan mereka yang selalu memandang negatif tentang hidupnya, maka hal-hal negatif tersebut juga akan lebih berpeluang untuk menular pada dirimu. Tanpa disadari, kamu pun akan terbiasa untuk melihat masalah dari sudut pandang negatif.

Nah, untuk kesehatan mentalmu sudah seharusnya kamu memilih untuk bergaul dengan orang-orang yang menyenangkan dan memiliki pandangan positif tentang hidup. Bersama orang-orang yang positif, tentunya hidup akan lebih ceria dan berwarna.


Foto: https://pexels.com


 


Jangan Biasakan Sering Menyendiri


Tanpa disadari, kebiasaan sering menyendiri dapat membuat overthinking-mu semakin parah lho. Karena di saat kamu menyendiri tanpa melakukan apapun, otakmu akan terpancing untuk memikirkan hal-hal yang sama sekali tidak penting. 

Oleh karena itu, daripada mengurung diri di kamar dan tidur-tiduran yang hanya akan membuatmu semakin overthinking, lebih baik kamu mencari seseorang untuk mengobrol dan menemanimu. Atau kamu juga bisa menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat dan positif, ketimbang menyendiri tanpa melakukan apapun. Karena pikiran kosong di saat sendiri itu sangat berbahaya.


Foto: https://pexels.com


 


Mulailah untuk Mencintai Diri Sendiri


Barangkali, penyebab dari kebiasaan overthinking-mu selama ini berkaitan dengan serangkaian kejadian di masa lalu yang masih menyisakan penyesalan mendalam. Jika ini terjadi maka kamu harus menyadari, bahwa penyesalan yang berlebihan tidak akan membawa kebaikan apapun selain akan menyakiti diri sendiri. 

Mulailah untuk mencintai diri sendiri dengan memaafkan kesalahan diri dan memaklumi segala ketidaksempurnaan yang dilakukan. Ketika kamu sudah bisa mencintai diri sendiri dengan baik, tentunya pikiran-pikiran negatif dapat dengan mudah untuk kamu kendalikan.


Foto: https://pexels.com


 


Mencoba untuk Mempraktikkan Mindfulness


Mindfulness merupakan suatu sikap yang berisi kesadaran penuh dan berfokus pada apa yang sedang dilakukan saat ini. Mempraktikkan mindfulness dengan baik akan sangat membantumu dalam mengurangi kebiasaan overthinking lho. Meskipun terlihat seperti tidak mudah, tetapi kamu tetap bisa mencoba melatihnya dengan cara yang tenang dan santai. Seperti halnya ketika sedang menikmati makanan, cobalah untuk tetap fokus dengan makananmu dan jangan melakukan kegiatan lain di saat makan.


Foto: https://pexels.com
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id