sign up SIGN UP

Rahasia Otak Cerdas Orang Singapura, Negara Kecil Tapi Maju!

Arum Narwastu | Kamis, 14 Oct 2021 09:46 WIB
Rahasia Otak Cerdas Orang Singapura, Negara Kecil Tapi Maju!
Jakarta -

Singapura adalah negara tetangga yang letaknya tidak terlalu jauh dari Indonesia. Berbeda dengan Indonesia yang punya wilayah kepulauan yang sangat luas, negara Singapura punya luas wilayah yang sangat kecil.

Dikutip dari Detikcom, Negara Singapura memiliki populasi sebanyak 5,61 juta jiwa menurut data di tahun 2016. Negara ini mempunyai luas sebesar 721.5 kilo meter persegi. Berbeda jauh dari Indonesia yang punya luas wilayah mencapai 1.904.569 kilo meter persegi.

Meskipun luas wilayahnya kecil, World Population Review menyebut Singapura menempati ranking pertama sebagai negara dengan skor IQ tertinggi di dunia, yakni 108. Lalu, apa sih rahasia kecerdasan dari warga Singapura?

1. Pendidikan Sebagai Aset

Setelah berhasil merdeka dari penjajahan Inggris, warga dan pemerintah Singapura sadar jika negara mereka tidak memiliki apa-apa. Sumber daya alam mereka nyaris tidak ada. Maka dari itu, mereka memutuskan untuk membangun sumber daya manusia melalui pendidikan. Bagi mereka, pendidikan adalah aset agar generasi muda yang cerdas mampu memajukan negara.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id