sign up SIGN UP

Resolusi Cuma Berujung Angan-Angan? 5 Metode SMART Ini Bikin Kamu Gak Halu Lagi

Risma Oktaviani | Sabtu, 26 Jun 2021 19:00 WIB
Resolusi Cuma Berujung Angan-Angan? 5 Metode SMART Ini Bikin Kamu Gak Halu Lagi
caption

Setiap tahun kamu pasti membuat resolusi yang ingin kamu capai di tahun yang akan datang. Mulai dari ingin punya karir yang bagus, punya body goals, punya rumah, atau mungkin mewujudkan trip ke luar negeri bersama teman-teman kamu? Namun, apakah semua resolusi kamu sudah tercapai atau masih jadi angan-angan aja? Atau malah resolusi kamu di tahun-tahun sebelumnya juga cuma hanya sekedar rencana? Gunakan 5 metode SMART goals ini agar tujuan dan target kamu bisa lebih terarah dan tercapai. 

Metode SMART ini merupakan sebuah bentuk project management yang pertama kali diperkenalkan dalam Management Review edisi November 1981 oleh George T. Doran, sebagai salah satu tool efektif yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis mereka secara realistis dan konsisten.

Specific (Spesifik/Khusus)

tujuan yang spesifik
Membuat tujuan yang spesifik / freepik.com

Hal pertama yang harus diingat adalah mempunyai tujuan yang jelas. Tujuan yang spesifik memiliki peluang yang besar untuk dicapai. Dalam membuat tujuan yang spesifik kamu perlu mempertimbangkan 5W: what, who, when, where, why. Apa yang ingin kamu capai? Siapa yang terlibat dalam tujuan ini? Kapan dan di mana kamu ingin mencapai tujuan ini? Dan kenapa kamu ingin mencapainya? Jangan sampai kamu menyebutkan hal-hal yang umum dan gak mendetail. Daripada kamu menuliskan ingin mempunyai body goals, lebih baik kamu tuliskan akan diet karbohidrat dan pergi ke gym 5 kali seminggu.

Measurable (Dapat Diukur)

tujuan yang dapat diukur
Dapat diukur / pexels.com

Tips pintar yang kedua adalah membuat tujuan yang dapat diukur. Kamu bisa memantau sejauh mana progres yang telah kamu lakukan dalam mencapai tujuanmu. Tanyakan pada diri sendiri bagaimana kamu tahu bahwa kamu terus berprogres? Berapa banyak yang ingin kamu capai? Apa yang menjadi indikator kemajuan kamu? Contohnya, jika kamu ingin mewujudkan mempunyai body goals, kamu harus menetapkan bahwa kamu harus menghilangkan minimal 2 kg dalam sebulan dan mempunyai berat badan 45 kg dalam waktu 6 bulan.

Achievable (Dapat dicapai)

tujuan yang dapat dicapai
dapat dicapai / freepik.com

Selanjutnya, untuk mencapai tujuanmu, yang terpenting adalah kamu harus membuat target yang memang dapat dicapai bukan hanya terkesan angan-angan saja. Apakah kamu punya sumber daya dan kemampuan untuk mencapainya? Apakah orang lain berhasil melakukannya? Sehingga, kamu bisa menjadi lebih terpacu untuk menyusun strategi untuk mewujudkan target yang kamu buat.

Realistic (Realistis)

Membuat tujuan yang realistis
Realistis / freepik.com

Mempunyai tujuan yang besar adalah hal yang bagus. Namun, tujuan yang realistis itu lebih penting. Tujuan yang realistis membantu kamu untuk memberikan gambaran dan motivasi untuk mencapainya. Tentu saja, hal tersebut mencegah tujuan kamu berujung hanya menjadi sebuah ‘semoga’ dan ‘seandainya’. Pastikan tujuanmu masuk akal dan gak terkesan mengada-ngada. Susun rencana yang tepat, dan pastikan kamu bertanggung jawab atas tujuanmu dan melakukan rencana yang telah kamu buat sebelumnya.

Time Bound (Batas Waktu)

tentukan batas waktu
tentukan batas waktu / freepik.com

Metode terakhir agar tujuanmu tercapai adalah pastikan bahwa kamu mempunyai target waktu dalam mewujudkannya. Kalau kamu gak menentukan batas waktu, kamu akan merasa bahwa gak ada urgensi dan kurang motivasi untuk mencapainya. Untuk itu, mulailah untuk memikirkan apakah tujuanmu mempunyai deadline? Berapa lama kamu ingin mencapai tujuanmu?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id