sign up SIGN UP

LIFE

Saudara Kandung Lebih Cantik Bikin Minder? Jangan Dong, Berikut Tips Agar Lebih Percaya Diri

Ade Irma Suryani | Rabu, 24 Feb 2021 12:30 WIB
Saudara Kandung Lebih Cantik Bikin Minder? Jangan Dong, Berikut Tips Agar Lebih Percaya Diri
Saudara Kandung Lebih Cantik/ Foto: freepik.com
Jakarta -

Tak dapat dipungkiri, memiliki saudara kandung yang lebih cantik sering membuat seseorang menjadi mudah minder. Hal tersebut memang manusiawi, mengingat kebanyakan orang selalu jauh lebih tertarik pada penampilan fisik yang menarik. 

Nah, bagi kamu yang sering minder lantaran fisik yang jauh kalah menarik dari saudara kandung, berikut tips agar lebih percaya diri.

 

1. Mengenali Kelebihan pada Diri

Mencoba mengenali kelebihan pada diri sendiri.
Mengenali Kelebihan Diri Sendiri/freepik.com

Melihat saudara kandung yang lebih cantik, barangkali sering membuatmu berpikir betapa beruntungnya kakak atau adikmu tersebut. Kamu pun lantas membandingkan dengan dirimu sendiri dan merasa tidak ada apa-apanya ketimbang saudaramu.

Wah, kalau kamu sudah punya pikiran seperti itu, maka wajib untuk segera membuangnya jauh-jauh lho Ladies. Pasalnya, kamu perlu benar-benar menyadari bahwa hanya karena kamu tidak secantik saudara kandungmu, bukan berarti kamu tidak bernilai dan tidak memiliki kelebihan apa-apa. 

Sadarilah, bahwa ketika kamu tidak memiliki kelebihan dalam hal fisik, pasti kamu memiliki kelebihan lain yang jauh lebih mengagumkan. Untuk itulah, kamu perlu mengenali lebih dalam tentang kelebihan yang telah kamu miliki. Dengan begitu, tidak ada lagi perasaan minder dan kamu akan jauh lebih bersyukur.

 

2. Jadi Diri Sendiri Tanpa Meniru

Jadilah diri sendiri tanpa meniru saudara kandung.
Jadi Diri Sendiri/freepik.com

Mempunyai saudara kandung yang lebih cantik, manis, dan disukai banyak orang terkadang bisa membuat seseorang malah ingin menjadi seperti saudaranya tersebut. Hal ini pun lantas membuatnya menjadi lebih suka meniru saudaranya, baik itu dari cara berpakaian, gaya berpenampilan, dan sebagainya. 

Nah, jika kamu sendiri tanpa sadar sering meniru saudaramu, maka itu sama saja kalau kamu tidak menjadi diri sendiri. Percayalah Ladies, bahwa setiap orang akan terlihat indah dan menarik dengan hanya menjadi dirinya sendiri. Memaksakan diri agar terlihat mirip seperti saudaramu hanya akan menutupi sisi keindahan dirimu sendiri. 

 

3. Merawat Diri

Merawat diri agar lebih percaya diri.
Merawat Diri/freepik.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, memiliki saudara kandung yang lebih cantik kerap membuat diri menjadi minder. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri, kamu bisa mencoba untuk lebih merawat diri dengan baik. 

Dengan rajin merawat diri dan berpenampilan baik, rapi, serta sesuai kepribadian, tentu kamu akan lebih merasa percaya diri. 

 

4. Tak Perlu Bersaing

Tak perlu bersaing dengan saudara kandung.
Tak Perlu Bersaing/freepik.com

Ketika saudara kandungmu jauh lebih cantik dan banyak mata tertuju padanya, kamu juga tidak perlu sampai menganggap saudaramu sebagai saingan. Apalagi sampai timbul rasa benci dan menjelek-jelekkan saudaramu sendiri. Waduh, jangan sampai Ladies! 

Daripada terjebak oleh hal-hal negatif tersebut, akan lebih baik rasanya jika kamu lebih mempererat hubunganmu dengan saudara kandung. Ingatlah, bahwa kamu dan saudara kandungmu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, tak perlu bersaing untuk lebih menonjolkan diri.

 

4. Jangan Pedulikan Komentar Orang Lain

Tak perlu peduli komentar orang lain.
Jangan Peduli Komentar Orang/freepik.com 

Dibanding-bandingkan dengan penampilan fisik saudara yang jauh lebih cantik memang terasa menyakitkan. Tak ayal, orang-orang yang melihat perbedaan fisik antara kamu dan saudaramu seringkali menjadi mudah berkomentar sesukanya. 

Meski sekesal apapun, kita memang sulit untuk mengontrol perkataan orang lain yang seenaknya. Nah, daripada terus-terusan kesal dan mendongkol dengan keadaan yang tidak menguntungkan, akan lebih baik rasanya jika kamu mengambil sikap cuek.

Cobalah untuk menyikapinya lebih santai dan tidak perlu sampai memasukkannya ke dalam hati. Yakinlah Ladies, perasaanmu akan jauh lebih damai.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id