sign up SIGN UP

LIFE

Sering Dianggap Sepele, 4 Hal Ini Menandakan Gejala Gangguan Kepribadian!

Penny Fatikasari | Selasa, 26 May 2020 13:00 WIB
Sering Dianggap Sepele, 4 Hal Ini Menandakan Gejala Gangguan Kepribadian!
caption
Kehidupan yang terlihat bahagia bukan berarti tidak ada masalah dalam kepribadian seseorang. Bahkan 4 hal ini bisa menandakan bahwa seseorang mengalami gangguan kepribadian, lho!

Gangguan Kepribadian Borderline


Foto: Istimewa

Seseorang yang tidak yakin bahkan selalu mengalami mood yang berubah-ubah bisa dikatakan bahwa ia mengalami gangguan kepribadian borderline. Biasanya mereka bersikap plin plan, bahkan apa yang dikatakan pada saat ini bisa berubah keesokan harinya.

Biasanya seseoarang yang mengalami gangguan ini pun akan merasa kesulitan dalam menjalin hubungan percintaan maupun pertemanan. Untuk mengatasi gejala tersebut, diperlukan suatu keyakinan dan keputusan mutlak dalam diri agar bisa menentukan keputusan dengan jelas dan pasti. Maka dari itu, perlu adanya latihan self-control.
 


Gangguan Kepribadian Skizofrenia


Foto: Istimewa

Gangguan skizofrenia merupakan gangguan yang muncul akibat perasaan malu yang berlebihan dalam diri seseorang. Seseorang yang mengalami gangguan ini cenderung menutup diri bahkan mengisolasi dirinya sendiri dari dunia luar. Mereka juga cenderung untuk tidak mengungkapkan emosi dalam komunikasinya dengan orang lain. Bahkan, mereka lebih memilih untuk tidak bertemu dengan orang banyak, begitu pula halnya dalam memilih sebuah profesi. Untuk mengurangi gejala ini, maka dapat melakukan meditasi, yoga atau pilates.
 


Gangguan Kepribadian Obsesif-Komplusif


Foto: Istimewa

Gangguan kepribadian ini sering dialami oleh seseorang yang bersikap perfeksionis. Seseorang yang mengalami gangguan ini cenderung memerhatikan detail sesuatu pekerjaan yang dirasa masih kurang rapih, bersih bahkan kurang menarik. Mereka akan selalu melakukan pengecekan berulang kali hingga tak ada satupun yang fatal.

Biasanya mereka juga akan melakukan patroli di sekitar tempat tinggalnya untuk melakukan pengecekan bahwa semuanya sudah tertata dengan baik, rapi dan aman. Kamu dapat mengatasi gejala ini dengan membuang perlahan kebiasaan yang sudah tertanam pada dirimu. Misalnya jika kamu selama ini mengecek pintu rumah apakah sudah dikunci atau belum berulang kali, maka kamu cukup mengecek satu kali dalam sehari, tak perlu lakukan secara berulang.
 



Gangguan Kepribadian Pasif- Agresif


Foto: Istimewa

Gangguan kepribadian ini ditandai dengan gejala sering menunda-nunda suatu hal. Sering dianggap sepele, justru gejala ini bisa menimbulkan gangguan kepribadian yang kronis, bahkan mengakibatkan seseorang mengalami depresi. Salah satu hal yang dapat ditunjukan dari gangguan kepribadian ini adalah seseorang bekerja sangat lambat. Bahkan ketika dimintai tolong, ia akan merasa tak senang bahkan merasa terancam.

Untuk mengatasinya, maka perlu adanya perubahan manajemen waktu pada diri sendiri, kesadaran untuk berubah, dan selalu mengevaluasi diri sendiri. Namun, jika tidak ada perubahan, maka perlu adanya terapi bahkan konsultasi ke pihak yang berkompeten.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id