sign up SIGN UP

Supaya Hidup Lebih Berkualitas, Ini Tips Detoks Smartphone yang Perlu Dilakukan Mulai dari Sekarang!

Ade Irma Suryani | Minggu, 03 Oct 2021 23:00 WIB
Supaya Hidup Lebih Berkualitas, Ini Tips Detoks Smartphone yang Perlu Dilakukan Mulai dari Sekarang!
caption

Saat ini, siapapun orang rasanya tidak bisa terlepas dari yang namanya smartphone. Dari bangun tidur hingga memejamkan mata kembali, semuanya sibuk menggenggam smartphone. 

Di balik manfaat yang dimiliki smartphone yang membawa kemudahan, tentu juga dapat berdampak buruk bagi penggunanya di sisi lain. Beberapa dampak buruk smartphone akibat penggunaan yang berlebihan ialah seperti gangguan pada mata, mengganggu tidur, membuang waktu, hingga mengganggu kesehatan mental.

Karena itulah Beauties, kebiasaan tersebut perlu dikendalikan agar tidak berlebihan. Bagi kamu yang selama ini tanpa sadar sudah kecanduan dengan smartphone, yuk mulai detoks smartphone dari sekarang. Berikut tips detoks smartphone, simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Kuatkan Niat 

Perlu menguatkan niat agar bisa disiplin dalam mengurangi pemakaian smartphone.
Kuatkan Niat/ Foto: pexels.com/SHVETS produtcion 

Pertama kali kamu perlu menguatkan niat terlebih dahulu dalam mengurangi penggunaan smartphone. Hal ini penting, agar dapat membantumu untuk lebih disiplin dalam menerapkannya. Pasalnya, tanpa niat yang kuat kamu akan mudah tergoda untuk melanggarnya, sehingga akan sulit dalam mengendalikan kebiasaan tersebut.  

2. Matikan Notifikasi yang Tidak Penting

Matikan notifikasi yang tidak penting dari smartphone.
Matikan Notifikasi yang Tidak Penting/ Foto: pexels.com/Christian Dina 

Agar kamu lebih jarang mengecek smartphone, maka kamu juga perlu mematikan notifikasi yang tidak penting. Seperti halnya notifikasi dari aplikasi media sosial yang dirasa tidak perlu. Jadi, waktumu tidak akan terbuang sia-sia lantaran sibuk memeriksa smartphone tiap kali terdengar suara notifikasi. 

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Hapus aplikasi yang tidak penting di smartphone.
Hapus Aplikasi yang Tidak Penting/ Foto: pexels.com/cottonbro 

Selanjutnya, kamu juga perlu menghapus aplikasi-aplikasi tidak penting yang ada di smartphone. Dengan menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting, maka hal ini juga akan membantumu untuk tidak terlalu sering memegang smartphone.

4. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan di Dunia Nyata

Lakukan kegiatan yang menyenangkan di dunia nyata, agar tidak terlalu sering lalai dengan smartphone.
Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan di Dunia Nyata/ Foto: pexels.com/Anete Lusina 

Salah satu tips agar kamu tidak terlalu sering bermain smartphone adalah dengan mencoba mengalihkan diri pada kegiatan lain. Perbanyaklah melakukan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat di dunia nyata. Seperti halnya dengan membaca buku, melukis, berolahraga, belajar memasak, dan lain sebagainya. 

5. Habiskan Waktu Bersama Orang Terdekat

Habiskan waktu bersama orang terdekat daripada sibuk dengan smartphone.
Habiskan Waktu Bersama Orang Terdekat/ Foto: pexels.com/Kampus Production 

Jika selama ini kamu sering menghabiskan waktu berjam-jam dengan smartphone, maka cobalah untuk menggantikan kebiasaan tersebut mulai sekarang.

Mulailah untuk lebih sering menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat seperti keluarga, pasangan, atau sahabat. Menghabiskan waktu bersama orang terdekat akan membuatmu lebih bahagia dan sekaligus mengurangi stres. Namun saat berkumpul, jangan sibuk dengan smartphone ya, Beauties!

6. Jauhi Smartphone sebelum Tidur

Perlu menjauhi smartphone sebelum tidur.
Jauhi Smartphone Sebelum Tidur/ Foto: pexels.com/SHVETS production  

Tips paling penting berikutnya adalah menjauhi smartphone 30-60 menit sebelum tidur. Selain mencegahmu dari lalai bermain smartphone, hal ini juga sekaligus dapat membuatmu tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari. Selain itu, hindari juga kebiasaan langsung mengecek smartphone saat baru bangun tidur ya!

Itulah beberapa tips menggunakan smartphone yang baik. Semoga kamu bisa mulai menerapkan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang ya Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id