sign up SIGN UP

LIFE

Tips Mengontrol Emosi Saat Berpuasa

Liana Dewi | Senin, 03 May 2021 14:30 WIB
Tips Mengontrol Emosi Saat Berpuasa
Ilustrasi Marah/ freepik.com
Jakarta -

Sebagai manusia, wajar untuk merasa marah. Apalagi ketika sedang berpuasa. Karena rasa lapar dan haus saat berpuasa bisa membuat perasaan lebih sensitif. Namun berpuasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tapi juga berarti menahan dan berusaha sebaik mungkin untuk mengendalikan emosi.

Maka dari itu, supaya Ramadan kali ini jadi lebih sempurna, Beautynesia akan memberikan beberapa tips untuk mengendalikan amarah saat sedang berpuasa, baik dari segi psikologis maupun menurut tuntunan Rasulullah saw. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba!

1. Menyadari Kamu sedang Marah Lalu Bernapaslah

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika sedang marah adalah menyadari bahwa kamu sedang marah. Cukup sadari saja, tanpa perlu melawan emosi tersebut atau memaksa meniadakannya.

Kamu juga jangan sampai mempertahankan amarahmu lalu menyiramnya dengan menuruti hasrat untuk melakukan hal yang destruktif. Hal ini bisa merugikan dirimu sendiri dan orang-orang di sekelilingmu.

Cukup sadari rasa marahmu, lalu bernapaslah perlahan-lahan sampai laju napasmu kembali normal. Sadar atau tidak, ketika sedang marah denyut jantung dan napasmu jadi lebih cepat. Ketika emosimu sudah terkendali, kamu jadi berpikir lebih jernih dalam menghadapi masalahmu.

2. Berolahraga

Olahraga
Olahraga/freepik.com

Marah memiliki energi yang besar. Jika kamu sudah tak tahan dan ingin menyalurkannya, lakukan dengan hal yang positif tanpa membatalkan puasamu, contohnya dengan berolahraga.

Olahraga bisa membuatmu lebih rileks dan membuatmu berangsur-angsur lebih tenang. Setelah lebih tenang, kamu bisa mengambil pelajaran dari apa yang membuatmu marah dan meninjau kembali sikap apa yang sebaiknya kamu ambil.

3. Menulis

Menulis
Menulis/freepik.com

Menulis bisa menjadi hal yang kamu lakukan untuk mengontrol emosi ketika tengah berpuasa. Saat marah, perasaanmu campur aduk, ada rasa kesal, bingung, lelah, sampai merasa overwhelming dengan apa yang kamu hadapi.

Menuliskan apa yang kamu rasakan adalah satu cara untuk membantu mengurai kerumitan pikiran maupun kecemasanmu. Menulis juga bisa membantumu meredakan stres.

4. Diam Sejenak

Diam
Diam Sejenak/freepik.com

Alih-alih mengambil tindakan yang salah karena emosi yang tidak stabil, lebih baik mengambil waktu untuk diam sejenak. Jika sedang marah, lisan dan perilakumu bisa jadi tidak terkendali. Maka dari itu, Rasulullah saw. menganjurkan untuk diam ketika sedang marah.

5. Dari Berdiri, Lalu Duduk, Kemudian Berbaring

Tuntunan lain dari Rasulullah saw. saat sedang marah adalah merubah posisi. Jika marah dalam keadaan berdiri, kamu dianjurkan untuk duduk. Lalu jika sudah duduk, tapi marahmu belum reda, usahakanlah untuk berbaring.

"Apabila kalian marah, dan dia dalam kondisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum hilang, hendak dia mengambil posisi tidur." (HR. Ahmad dan Abu Daud)

6. Mengambil Wudu

"Sesungguhnya marah itu setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan oleh air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudu." (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Hal lain yang bisa membantumu meredakan marah adalah berwudu. Air yang sifatnya dingin bisa meredakan amarah dalam dirimu. Selain itu, berwudu juga membantumu mengingat Allah swt. Yang Maha Membolak-balikan Hati.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id