sign up SIGN UP

LIFE

Tips Tak Gugup Berbicara di Hadapan Banyak Orang

Henny Alifah | Kamis, 25 Jun 2020 13:00 WIB
Tips Tak Gugup Berbicara di Hadapan Banyak Orang
caption

Sebagian besar dari kita, bahkan orang terkenal sekalipun, semua pernah berjuang menghadapi kecemasan saat berbicara di depan umum. Sarah Gersman, kepala Green Room Speakers (sebuah perusahaan komunikasi yang berbasis di Washington DC) dan profesor di McDonough School of Business di Georgetown University, dalam tulisannya di Harvard Business Review mengungkapkan bahwa public speaking anxiety pada dasarnya memang ada dalam DNA manusia.

Ditanya terkait sebab gugup saat berbicara di depan umum, kebanyakan klien Gersman menjawab karena mereka tidak suka diawasi, tidak suka ditatap, dan tidak suka menjadi sorotan. Kembali ke masa prasejarah, manusia menganggap pandangan mata orang lain sebagai ancaman eksistensial, bak mata predator. Sedikit banyak itu menjelaskan mengapa kita cenderung merasa takut, cemas, atau gugup saat berbicara di depan umum.

Bak mau diterkam, tangan dan suara kita pun jadi gemetaran begitu mau bicara di depan banyak orang. Nah, berikut adalah tips berbicara lancar di depan umum yang bisa kita coba.


1. Pikirkan tentang audiens yang akan dihadapi

Ilustrasi: berbicara lancar di depan umum dimulai dengan pikiran tentang audiens yang akan dihadapi
Tips lancar berbicara di depan umum/ sumber: Freepik.com

Banyak yang bilang, persiapan topik adalah yang utama. Tapi Germans memberikan tips berbicara lancar dengan dimulai dari persiapan menghadapi audiens. Paham tentang topik memang baik, namun terlalu fokus pada topik akan membuat kita jatuh pada detail dan justru akan memperlebar jurang dengan audiens.

Jadi, sebelum jauh menyelami topik, tanyakan pada diri sendiri: Siapa yang akan berada di ruangan itu? Kenapa mereka ada di sana? Apa yang mereka butuhkan? Siapkan jawaban yang spesifik. Dengan gambaran audiens yang jelas, kita pun bisa rileks di depan banyak orang. 

2. Kenali tempat

Ilustrasi: mengenali tempat presentasi sebelum berlangsungnya presentasi agar dapat berbicara lancar di depan umum
Tips lancar berbicara di depan umum/ sumber: Freepik.com

Dari Verywell Mind, tips berbicara lancar yaitu di antaranya adalah mengunjungi ruang konferensi, ruang kelas, auditorium, atau ruang jamuan tempat kita akan melakukan presentasi. Jika memungkinkan, setidaknya kita berlatih satu kali di tempat tersebut. Saat dengan familiar lingkungan sekitar, kita cenderung merasa rileks sehingga tidak terlalu banyak khawatir saat presentasi. 

3. Tepat sebelum bicara, fokuskan kembali pikiran

Ilustrasi: pikiran fokus sebelum presentasi agar dapat berbicara lancar di depan umum
Tips lancar berbicara di depan umum/ sumber: Freepik.com

Kita biasanya merasa sangat gugup tepat sebelum berbicara di depan umum. Saat itu, terlintas pikiran bahwa semua orang menilai kita, lalu bagaimana jika kita gagal?

Jika itu terjadi, itulah saatnya kita memfokuskan kembali pikiran. Ingatkan diri bahwa presentasi ini bukan semata tentang kita sendiri, tetapi juga bisa membantu audiens. Seiring waktu, kita akan terbiasa dan kecemasan serta kegugupan pun berkurang.

4. Lakukan kontak mata

Ilustrasi: kontak mata dengan audiens saat berbicara di depan umum
Tips lancar berbicara di depan umum/ sumber: Freepik.com

Supaya terhubung dengan audiens, penting untuk berbicara kepada mereka secara personal. Caranya yaitu dengan melakukan kontak mata satu per satu secara bergantian. Setiap satu klausa penuh, tatap mata seorang audiens yang berbeda.

Dengan berfokus pada satu orang pada satu waktu, setiap orang di ruangan merasa seperti kita sedang berbicara hanya kepada mereka. Memang tidak nyaman pada awalnya, namun dengan banyak berlatih maka hal ini sebenarnya akan mengurangi rasa gugup.

Itu tadi empat tips berbicara lancar di depan umum. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan sebelum mulai berbicara di depan umum juga bisa jadi efektif mengurangi rasa gugup. Buat diri rileks, maka kita bisa nyaman menyampaikan sesuatu kepada orang banyak.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id