sign up SIGN UP

Tren Fitur 'Add Yours' Instagram Rawan Jadi Celah Kejahatan! Catat, Ini yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Rini Apriliani | Selasa, 23 Nov 2021 15:00 WIB
Tren Fitur 'Add Yours' Instagram Rawan Jadi Celah Kejahatan! Catat, Ini yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial
caption
Jakarta -

Instagram kembali mengeluarkan fitur terbaru untuk memanjakan para penggunanya. Fitur terbaru yang kini tengah jadi tren adalah Add Yours, dimana kita bisa berbalas pesan lewat Instagram Stories dan membuat challenge dengan pengguna lain.

Walau asyik dijadikan tren dengan maksud untuk membuat followers lain lebih tahu dan dekat dengan kita, namun ramainya hal ini ternyata dapat berdampak pada bocornya data pribadi.

Seperti yang kita tahu, kebocoran data pribadi saat ini menjadi masalah yang tidak bisa diabaikan. Banyak oknum tidak bertanggung jawab yang menjadikan ini sebagai celah untuk penipuan sampai kejahatan. Maka dari itu, kita dituntut untuk lebih peduli dalam menjaga data pribadi diri kita sendiri. 

Aplikasi InstagramAplikasi Instagram/ Foto: Freepik.com/jannoon028

Salah satu akun di Twitter baru-baru ini membagikan kisah temannya yang menjadi korban penipuan. Ia menceritakan jika penipuan tersebut berawal dari tersebarnya konten dimana temannya membagikan variasi nama panggilan. 

Belajar dari kasus ini, sesederhana nama panggilan yang kerap kita anggap "ah biasa saja", ternyata dapat dijadikan celah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Mereka dapat menyamar menjadi keluarga atau teman dekat, sesuai yang mereka inginkan dan data yang mereka dapatkan. 

Data Pribadi yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Aplikasi kencanData Pribadi yang Tidak Boleh Dibagikan/ Foto: Freepik.com

Lalu apa saja sih yang sebenarnya tidak boleh dibagikan di media sosial? Nah, berikut daftarnya, Beauties!

1. Nama Ibu Kandung

2. Nomor Kartu Keluarga (KK)

3. Nomor Induk Kependudukan (NIK)

4. Alamat Rumah 

5. Tempat Tanggal Lahir

6. Variasi Nama Panggilan

7. Nama Lengkap Anak

8. Selfie dengan KTP

9. Beberapa Pertistiwa Penting yang Pernah Dialami

10. Data Diri Lengkap Orang Tua

Itu dia beberapa hal yang tidak boleh dan jangan sampai kita bagikan ke media sosial ya, Beauties. Ikut tren bukanlah sebuah masalah, namun menyimpan data pribadi dengan baik perlu kita lakukan!

Bukan Fitur yang Salah, Tapi Penggunanya yang Ceroboh!

Kenalan dengan GB WhatsappKejahatan Siber/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Adapun pakar keamanan siber mengatakan, jika bukan fitur Add Yours di Instagram yang menjadi akar permasalahan, tetapi penggunanya yang ceroboh dalam memanfaatkan fitur tersebutlah yang menjadi penyebab adanya tindak penipuan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Itukan tergantung pada pengguna medsosnya, istilahnya kalau pengguna medsosnya ceroboh dan bisa menampilkan data pribadi banyak cara, itu hanya salah satu cara. Jadi istilahnya bukan tools-nya yang bermasalah, tetapi pengguna medsosnya yang kurang cermat," ujar Alfons Tanujaya, seperti yang dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (23/11).

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id