sign up SIGN UP

Wah, Pekerja Dilarang Ambil Cuti Akhir Tahun! Siapa Saja yang Termasuk? Cek Faktanya di Sini!

Nadya Quamila | Senin, 22 Nov 2021 09:00 WIB
Wah, Pekerja Dilarang Ambil Cuti Akhir Tahun! Siapa Saja yang Termasuk? Cek Faktanya di Sini!
caption
Jakarta -

Buat kamu para pekerja, apakah sudah menyiapkan rencana untuk cuti akhir tahun? Tampaknya rencana tersebut perlu kamu pertimbangkan lagi, nih, Beauties! Sebab pada Jumat (19/11) lalu, pemerintah mengumumkan kebijakan terkait larangan pengambilan cuti akhir tahun.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan PPKM Level 3 pada periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 untuk semua daerah di Indonesia. Kebijakan tersebut diberlakukan untuk mencegah terjadinya lonjakan kenaikan kasus COVID-19.

Kebijakan status PPKM Level 3 ini akan berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Kegiatan pertemuan skala besar, seperti pesta malam tahun baru dan pawai dalam masa PPKM Level 3 pun dilarang.

Lalu, bagaimana kebijakan terkait larangan pengambilan cuti akhir tahun? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Pekerja yang Dilarang Ambil Cuti Akhir Tahun

Kiat menjadi seorang pekerja lepas di bidang desain grafisIlustrasi karyawan/Foto: Freepik/pressfoto/ Foto: Anindya Milagsita

Larangan cuti akhir tahun berlaku bagi ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI, Polri, karyawan BUMN, hingga karyawan swasta. Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Larangan cuti atau libur bagi ASN, TNI, Polri, karyawan BUMN, maupun swasta selama libur akhir tahun. Di mana dilakukan peniadaan cuti bersama di tanggal 24 Desember 2021 dan larangan pengambilan jatah cuti di akhir tahun. Hal ini semata-mata dilakukan untuk meminimalisir pergerakan masyarakat yang tidak mendesak," kata Wiku seperti dikutip dari detikFinance.


Akan Dikenai Sanksi Bila Melanggar

Inilah dampak negatif dari kebiasaan bekerja hingga larut malam atau lembur, salah satunya kenaikan berat badan/Freepik.com/DCStudioPekerja dilarang ambil cuti akhir tahun/Foto: Freepik.com/DCStudio/ Foto: Justina Nur

Dalam waktu dekat, pemerintah akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) khusus yang mengatur secara detail mengenai larangan cuti atau berpergian ke luar kota bagi ASN. Namun, sebelumnya, diketahui sudah ada Surat Edaran yang mengatur larangan cuti bersama dan keluar kota di masa libur nasional, yakni Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2021.

"SE 13 masih berlaku, jadi masih berlaku walaupun nanti SE-nya keluar juga secara khusus tapi yang ini masih berlaku," ungkap Mohammad Averrounce, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II Kementerian PANRB, seperti dikutip dari detikFinance.

Apa jadinya jika ada yang melanggar aturan larangan cuti atau berpergian ke luar kota selama Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022? Siap-siap saja, akan ada sanksi dengan penanggung jawab Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi. Pelanggaran disiplin akan diberikan berdasarkan level.

"Kalau misalnya melanggar, pakai pelanggaran disiplin tergantung levelnya. Masih sama, kalau untuk pelanggaran kita punya aturan tentang penegakan disiplinnya. Tergantung (jenis aturan disiplin) ada yang ringan, sedang dan berat nanti mesti ada mekanismenya sejauh mana, akan di sana tim penegakan disiplinnya di setiap instansi pemerintah," ungkap Mohammad Averrounce.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id