sign up SIGN UP

Wajib Tahu! Ini 5 Tips Memilih Furnitur Ramah Lingkungan untuk Rumah

Riswinanti Permatasari | Selasa, 23 Nov 2021 22:00 WIB
Wajib Tahu! Ini 5 Tips Memilih Furnitur Ramah Lingkungan untuk Rumah
caption

Semakin hari semakin banyak orang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyak orang yang lebih memilih furnitur ramah lingkungan dibanding dengan lainnya. Perabot berkelanjutan dinilai lebih ramah lingkungan karena terbuat dari bahan daur ulang atau tidak merusak lingkungan.

Meski demikian, saat ini banyak produk yang mengklaim dirinya ramah lingkungan namun ternyata hanya janji marketing semata. Oleh karena itu, kamu yang tertarik pada furnitur ramah lingkungan harus lebih teliti dalam memilih agar tidak sampai tertipu.

Sebagai panduan, berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih furnitur yang ramah lingkungan. Dicatat ya!

Melakukan Riset Lebih Dalam

Ilustrasi Furnitur Ramah Lingkungan/Foto: pexels.com/Martin Péchy
Ilustrasi Furnitur Ramah Lingkungan/Foto: pexels.com/Martin Péchy

Tips yang pertama ialah melakukan riset terlebih dahulu. Hal tersebut sangat penting lantaran banyak perusahaan yang mengaku produknya ramah lingkungan, namun faktanya berkebalikan. Tak sedikit yang masih menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Oleh karena itu, sebagai konsumen, jangan ragu untuk bertanya lebih dulu tentang bahan yang digunakan dan proses pembuatannya. Bahkan jika memungkinkan, mintalah bukti sertifikat yang dikeluarkan oleh badan hukum atau instansi resmi yang bersangkutan.

Meneliti Bahan Baku Furnitur

Ilustrasi Furnitur Ramah Lingkungan/Foto: pexels.com/Vecislavas Popa
Ilustrasi Furnitur Ramah Lingkungan/Foto: pexels.com/Vecislavas Popa

Tips berikutnya adalah meneliti bahan baku. Furnitur berkelanjutan harus dibuat dari bahan baku yang dapat didaur ulang atau dari hasil daur ulang.

Sebelum membeli, teliti kembali bahan bakunya. Jangan memilih hybrid furniture, karena perabot tersebut terbuat dari bahan yang tidak mudah terurai sehingga berdampak buruk terhadap lingkungan.

Memilih Furnitur Berbahan Dasar Bambu

Ilustrasi Furnitur Ramah Lingkungan/Foto: pexels.com/NipananLifestyle.com
Ilustrasi Furnitur Ramah Lingkungan/Foto: pexels.com/NipananLifestyle.com

Selain kayu, bambu sudah lama dipakai oleh manusia untuk membuat segala macam perabot rumah tangga karena memiliki ketahanan cukup lama namun ramah lingkungan. Material ini juga mudah dibentuk sehingga bisa diolah menjadi furnitur modern sesuai zaman. Namun yang lebih penting, bambu merupakan sumber daya alam natural dan terbarukan, sehingga relatif lebih aman bagi kesehatan.

Mengetahui Fungsi Furnitur

Ilustrasi Furnitur Ramah Lingkungan/Foto: pexels.com/Maria Orlova
Ilustrasi Furnitur Ramah Lingkungan/Foto: pexels.com/Maria Orlova

Sebelum membeli sebuah furnitur, kamu harus memikirkan lebih dulu fungsi kegunaannya. Sebagai contoh, jika yang diperlukan adalah perabot di ruang tamu, maka yang harus dibeli adalah benda ramah lingkungan yang tahan terhadap noda. Pasalnya, ruang tamu menjadi salah satu tempat paling sibuk di rumah.

Warna, bentuk, dan ukuran juga harus sesuai dengan benda-benda lain di rumah kita. Dengan memahami fungsi, maka akan lebih mudah dalam memilih jenis bahan seperti apa yang kita perlukan.

Menyesuaikan dengan Anggaran

Ilustrasi Furnitur Ramah Lingkungan/Foto: pexels.com/Alexander Mils
Sesuaikan dengan anggaran/Foto: pexels.com/Alexander Mils

Tips yang terakhir adalah menyesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki. Sudah menjadi rahasia umum jika harga menentukan kualitas.

Biasanya furnitur dengan harga murah meriah memiliki daya tahan yang cukup singkat atau gampang rusak. Jika memang memungkinkan, ada baiknya kamu memilih perabot dengan harga sedikit mahal namun hemat ongkos perawatan. Jangan lupa mengecek garansi furnitur sebelum membeli.

Itulah beberapa tips memilih furnitur yang ramah lingkungan. Mulai sekarang, jangan hanya mengedepankan model dan gengsi ya, Beauties. Pahami juga dampaknya untuk kelestarian lingkungan. Yuk, mulai menerapkan sustainable life dari sekarang!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id